oleh

Pjs Bupati Indra Agus Lukman, hadiri puncak Gebyar Budaya Melayu Riau 2020 dan Pengukuhan FPKK Riau

Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik menyelenggarakan acara Pengukuhan Forum Pengembangan Kelas Kominfo (FPKK) Riau dan Puncak Gebyar Budaya Melayu Riau 2020, yang dilaksanakan di Gor Tualang, Kecamatan Tualang, Kamis (29/10/2020). Kegiatan ini sempena memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2020.

Ketua pelaksanaan Gebyar Budaya Melayu Riau 2020 Rozian Elfis mengatakan bahwa acara ini dilatarbelakangi oleh Pengurus Forum Pengembangan Kelas Kominfo (FPKK) yang melihat adanya kejenuhan dan rasa bosan anak didik yang hanya belajar dirumah,  “Akhirnya kami sepakat untuk membuat Gebyar Budaya Melayu Riau 2020 dan juga melaksanakan 11 perlombaan yakni Lomba Pewara, Lomba Tari Kreasi, Lomba Menulis Cerpen, Lomba Kampanye 5 Sadar, Lomba Peragaan Busana Melayu Kreatif, Lomba Cipta Lagu Mars Kelas Kominfo, Lomba Gitar Solo, Lomba Baca Puisi, Lomba Berbalas Pantun, Lomba Film Pendek, dan Lomba Membuat Poster”, jelas Rozian.

“Kegiatan itu dilaksanakan mulai akhir september hingga pertengahan oktober, dan semuanya dilaksanakan secara virtual. Mulai dari pendaftaran, penampilan para peserta yang mengikuti lomba sampai pada saat pengumuman pemenang, jadi tidak ada kontak fisik antara peserta dan juri”, ucapnya.  Sementara itu, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar dalam arahannya mengatakan Kehadiran Forum Pengembangan Kelas Kominfo (FPKK), sebagai wadah mengasah potensi guru dan siswa agar tetap berkreatif, inovatif dalam berteknologi.

“FPKK ini lahir atas dasar laporan data dari lembaga sosial di tahun 2018 bahwa isu perubahan perilaku generasi muda di Riau semakin meningkat di beragam kalangan. Meski keberadaan Kelas Kominfo masih baru, namun telah memberikan dampak positif bagi kita semua, terutama bagi kalangan anak didik kita,” kata Syamsuar.  Gubernur Riau tersebut berharap, Kelas Kominfo ini dapat memberikan nilai yang positif mengenai peran teknologi informasi dalam mengembangkan pendidikan karakter, terutama pengembangan sikap mental bagi anak-anak remaja ke arah yang positif, yang sejalan dengan Visi Kelas Kominfo ini, yakni mendorong peserta didik dan generasi muda peka terhadap 5 “S”, yaitu Sadar Gawai, Sadar Generasi, Sadar Narkoba, Sadar Lingkungan dan Sadar Perilaku.

“Selamat bertugas kepada jajaran Pengurus Forum Pengembang Kelas Kominfo Provinsi Riau. Mari bersama-sama kita wujudkan SDM-SDM yang mampu mengangkat pendidikan kita melalui penguatan di bidang teknologi informasi di masa mendatang,” tutup Syamsuar. Selanjutnya, Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman mengatakan bahwa Kegiatan Gebyar Budaya Melayu Riau memiliki arti umum sebagai upaya melestarikan seni budaya melayu Riau.  “Kegiatan ini tentunya sejalan dengan visi Riau yakni Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara Tahun 2025”, kata Indra.

 

 

 

 

Disamping itu, sambung Indra, Gebyar Budaya Melayu Riau secara umum juga sejalan dengan visi Kabupaten Siak 2019-2024 yakni Terwujudnya Kabupaten Siak yang Maju dan Sejahtera dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis dan Berbudaya Melayu Serta Menjadikan Kabupaten Siak Sebagai Tujuan Pariwisata di Sumatera. “kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi Kabupaten Siak sebagai penguatan identitas budaya, yang merupakan bagian dari edukasi budaya khususnya untuk pelajar maupun generasi milenial di Kabupaten Siak agar lebih memahami dan mengenali budaya melayu”, ucap Pjs Bupati Siak itu.

Kemudian dengan adanya pengukuhan Forum Pengembangan Kelas Kominfo (FPKK) Riau, dimana Forum ini memiliki tujuan mulia dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah melalui inovasi dan kreativitas dalam pengelolaan komunikasi, informasi, dan edukasi. “Tentunya saya berharap dengan dikukuhkannya Forum Pengembang Kelas Kominfo melalui pembinaan karakter dan pembekalan potensi ini, dapat mendukung terwujudnya generasi Riau unggul berbudaya melayu dan menjunjung tinggi nilai-nilai islami”, harap Indra Agus Lukman.

Sumber : siakkab.go.id , 03 November 2020

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed