oleh

Pokdarwis Perempuan Mekar Jaya Kembangkan Pusat Oleh-Oleh Wisata Mangrove

Keberadaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mengembangkan sektor pariwisata semakin dirasa perlu. Mengingat kelompok ini merupakan lini terdepan di suatu kawasan dan bersentuhan langsung dengan potensi pariwisata daerah dimana mereka berada.

Kelompok Sadar Wisata Perempuan Rawa Mekar Jaya memahami kondisi ini dengan melihat keberadaan Ekowisata Mangrove dan potensinya, mereka mengembangkan pusat gerai oleh-oleh yang menjual aneka produk tempatan mulai dari kuliner tempatan hingga cenderamata untuk di bawa pulang oleh wisatawan. Gerai ini merupakan bantuan dari yayasan Belantara dengan dominasi bangunan berbahan kayu.

Gerai ini dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Siak, Drs. L. Budi Yuwono, M.Si didampingi Dirut Belantara Dr. Sri Maryati dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak, Senin 30/04/2018 pada saat kunjungan lapangan peserta Jambore Nasional Generasi Hijau di kawasan Ekowisata Mangrove Mekar Jaya.

Syef Al Kamal selaku CO/staf lapangan dari Lembaga Konservasi Alam Riau menyebutkan untuk pertama ini gerai masih diisi dengan beberapa barang kerajinan tangan seperti anyaman tas, kuliner, makanan ringan dan juga madu kelulut hasil budidaya masyarakat. Kedepannya tentu diharapkan akan semakin banyak jenis barang yang bisa dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang pengunjung.

Ditemui dilokasi mangrove Dirut Belantara Dr. Sri Maryati menyebutkan sejak awal berdiri di tahun 2014 dan beroperasi sejak 2016 lalu untuk saat ini program awal sudah dilakukan proteksi dan restorasi hutan bakau dengan target luas proteksi 564 Ha dan telah melaksanakan program kerjasama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah Kabupaten Siak.

Di Indonesia Yayasan Belantara tersebar di 5 Provinsi diantaranya Riau, Sumsel, Jambi, Kaltim dan Kalbar. Yayasan ini juga telah melakukan upaya lainnya seperti membantu membangun sekat kanal di Kawasan Hutan Konservasi Giam Siak Kecil dan mendukung upaya operasional masyarakat sadar api dan penyelamatan satwa.

Sumber : Desi RPK Siak, 02 Mei 2018

Editor Narasi : *eq_medcen*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed