oleh

Presiden Berpesan, Pemerintah Daerah Harus Komit Kembangkan Pasar Rakyat

Tangerang (MCS) – Plt Bupati Siak Alfedri hadiri acara Pasar Rakyat Award 2019 sekaligus rapat kerja Kementerian Perdagangan, Peresmian Pasar Rakyat dan Pemberian Penghargaan di Garuda Exhibition Hall 3A Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kota Tangerang, Selasa (12/3/2019).

Acara yang di taja oleh Kementerian Perdagangan tersebut, dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dihadiri oleh seluruh Kepala Daerah, beserta kepala Dinas Pasar dan Pengurus Pasar se Indonesia.

Sambutan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melaporkan bahwa untuk Stabilitas harga pokok dan ketersediaan bahan pokok hanya mengalami inflasi pada tahun 2018 sebesar 3.13%, dan inflasi bahan makanan sebesar 3.41%.

Kemudian, untuk pertumbuhan expor, ditahun 2018 meningkat menjadi 20% dari 15% pada 2017. Komposisi barang impor di 2018, terbagi 75% barang baku, barang modal 16% serta barang Konsumsi 9%.

“Dari tahun 2015-2018, pembangunan dan revitalisasi pasar mencapai 4.211 pasar rakyat, sementara ditahun 2019 pemerintah melalui Kementerian Perdagangan akan menargetkan membangun dan revitalisasi pasar rakyat berjumlah 1.037”, jelas Menteri Perdagangan.

Plt Bupati Siak Alfedri disela acara mengatakan kita siap melaksanakan apa yang di intruksikan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk komitmen dan perhatian khusus terhadap Pasar Rakyat ini, sebagai upaya kita mengeliatkan roda ekonomi masyarakat dalam hal kebutuhan pangan sehari-hari.

“Untuk meningkatkan minat masyarakat agar berbelanja di pasar rakyat, buatlah pasar rakyat di daerah itu bersih, sehat, nyaman serta higienis tentunya, dan juga tersedia lahan parkir yang memadai. Ini untuk meningkatkan minat berbelanja masyarakat mengarah pada Pasar Rakyat”, kata Alfedri.

Selain itu, kemasan produk juga dibenahi, merek dan juga brand dari produk juga harus jelas dan bisa menarik pembeli, supaya bisa meningkatkan minat masyarakat untuk membeli atau bertransaksi di pasar.

“Terkait dengan harga jual kebutuhan pokok, Alhamdulillah, untuk di Kabupaten Siak selalu dipantau oleh Dinas pasar, ini bertujuan untuk menstabilkan harga”, ucap Alfedri.

Diakhir Rakernas, Presiden RI Joko Widodo beserta Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meresmikan 600 Pasar Rakyat yang di bangun maupun di revitalisasi pada tahun 2018, termasuk pasar Rakyat Tualang Tuah Raja Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed