oleh

Raih Prestasi Tingkat Nasional, Sekda Ingin Desa Lainnya di Kabupaten Siak Menerapkan TOGA di Lingkungan Rumahnya

Setelah memenangkan juara 1 tingkat Provinsi Riau, Kelompok Lavender 1 Kampung Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak mewakili Provinsi Riau dalam perlombaan Asuhan Mandiri, Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur dan berhasil meraih Juara 1 Kategori kawasan terpencil/sangat terpencil.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo, kepada kelompok asuhan mandiri lavender disaksikan oleh Sekda Kabupaten Siak H.T.S Hamzah dan Kadis kesehatan Kabupaten Siak dr. Toni Chandra yang diserahkan di Novotel Solo, Provinsi Jawa Tengah, selasa malam (28/11/17).

Sekdakab Siak H.T.S Hamzah yang saat itu mendampingi Kelompok Lavender 1 Kampung Tanjung Kuras, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak pada penyerahan penghargaan tersebut mengaku sangat bangga dengan prestasi tersebut.

“Alhamdulillah mewakili Riau dan Siak kembali meraih penghargaan tingkat nasional dibidang kesehatan, harapan saya akan adanya TOGA kedepannya tidak hanya desa di Sungai Apit, tapi juga ada desa lainnya yang menerapkan TOGA ini,” ujar Sekdakab Siak.

Masih kata Sekdakab Siak, kegiatan penilaian Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA), merupakan salah satu implementasi dari program asuhan mandiri pemanfaatan TOGA dan Akupresur.

“Tujuannya untuk mendorong masyarakat agar mampu mengatasi gangguan kesehatan ringan dengan prinsip kesadaran, keinginan sendiri, kebersamaan, kerjasama, kemandirian, komitmen, dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat,” kata Sekdakab Siak.

Proses pelaksanaan penilaian pemanfaatan TOGA ini dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari seleksi tingkat kelompok, tingkat desa/kelurahan, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, selanjutnya pemenang 1 dari setiap wilayah (Desa, Kota dan daerah terpencil) dikirimkan ke pusat.

“Penilaian dilakukan pada bulan Oktober yang lalu, Kelompok Lavender 1 yang beralamat Kampung Tanjung Kuras meraih nilai tertinggi dibandingkan dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Lombok Barat dan Kabupaten Buton,” Jelas Sekdakab Siak.

Sumber : Humas Kab. Siak, 29 November 2017

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed