oleh

Rakor Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Kesenian Siak Sri Indrapura

-Berita-64 views

Siak – Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak mengadakan Rapat Koordinasi tentang pendidikan dan kebudayaan yang berlangsung selama 2 hari  tanggal 18-19 Desember 2018 di Gedung Kesenian, Siak Sri Indrapura.

Dalam sambutannya Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Siak  H. Lukman mengatakan, “Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan sinergisitas kebijakan perencanaan dan pelaksanaan program serta kegiatan pendidikan dan kebudayaan antara stake holder yang terkait dengan pendidikan dan kebudayaan”.

Kegiatan itu diikuti sebanyak 540 orang yang terdiri dari Korwil Kecamatan, Pengawas Sekolah se Kabupaten Siak, Kepala Sekolah Jenjang Paud, TK, SD dan SMP se Kabupaten Siak.

Adapun narasumber yg hadir dari Kapolres Siak, Kepala Kejaksaan Negeri Siak, Inspektur Kabupaten Siak, Kepala DPM2T, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Siak, Kepala DP3AP2KB, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak, Kabag Kesejahteraan Rakyat dan Pejabat Administrator Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Siak.

Dalam acara ini dipaparkan beberapa Materiseperti Satgas Saber Pungli,
Program Jaksa Masuk Sekolah, Jaksa Sahabat guru, Peran Pengawasan InternalPemerintah, Bantuan Sosial, Dana Hibah, Pelayanan Perizinan, Sekolah Ramah Anak,Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Siak, Monitoring dan Evaluasi Dana Bantuan Sekolah.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatangan MoU antaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak dengan PT. RAPP dalamupaya peningkatan mutu Pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Siak. Kerjasama tersebut sebanyak 11 SD yang berada di wilayah operasi PT. RAPP dan MOU dengan Baznas Kabupaten menghimpun Dana Zakat, Infaq serta Sedekah dari hasil pendapatan dari para pegawai dan guru dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak.

Siak berifaq dan sedekah (SIKAH) adalah sebuah program yang diharapkan sebagai sarana gerakan pengoptimalan kebiasaan gemar berinfak dan bersedekah di kalangan pendidik, peserta didik dan tenaga pendidikan yang dikumpul dalam bentuk tabungan pada periode tertentu.

Lukman berharap kerjasama tersebut bisa ditingkatkan lagi dan dikembangkan lagi, hingga diluar wilayah operasi perusahaan.

Sebelumnya Wakil Bupati Saik Drs. H. Alfedri, M.Si mengukuhkan pengurus unit pengumpul zakat (UPZ) lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak. Dalam sambutannya Alfedri mengapresiasi kegiatan tersebut dengan adanya narasumber dari pihak kepolisian dan kejaksaan.

“Mantap nih, ada narasumber dari Kejaksaan dan Kepolisian”, ujarnya sambil tersenyum dihadapan ratusan peserta Rakor, Selasa(18/12/2018) pagi.

Rakor ini, kata Alfedri adalah untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Siak, yang menyiapkan generasi penerus bangsa menjadi kader-kader pemimpin di masa yang akan datang.

“Tentunya berangkat dari bagaimana kita mempersiapkan dengan sebaik mungkin anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah”, ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, investasi pendidikanitu tidak langsung nampak saat ini, tapi bisa satu generasi yang akan datang baru nampak hasilnya setelah 15 atau 20 tahun yang akan datang.

“Ini adalah momentum sejarah yang penting untuk bagaimana bangsa ini dimasa yang akan datang dikelola dan dipimpin oleh anak-anak yang sudah kita persiapkan untuk menghadapi generasi emas (100 Tahun Indonesia Merdeka), Tahun 2045 harus menjadi generasi yang unggul, bisa bersaing, beriman dan bertaqwa”, tutup Alfedri.

Sumber : MC Kab. Siak, 19 Desember 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed