oleh

Rapat Pembukaan Forum Perangkat Daerah 2018

Forum Perangkat Daerah Kabupaten Siak tahun 2018 secara resmi dibuka oleh Plt. Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si. Forum yang dihadiri oleh Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Sekretaris Daerah Kab. Siak H.T. Said Hamzah, Kepala Bappeda H. Wan Muhammad Yunus, Camat se-Kab. Siak, Unsur Muspida serta OPD terkait lainnya, dilaksanakan di Ruang Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Jumat (16/3/18).

Dilaporkan Kepala Bappeda H. Wan Muhammad Yunus, forum ini diselenggarakan berdasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD dan RKPD.

“Tujuan dari pelaksanaan forum ini adalah untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan dari hasil Musrenbang Kecamatan, serta menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah”, sebutnya.

Dari hasil pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang telah diselenggarakan pada februari hingga awal maret 2018 lanjut Yunus, jumlah usulan Kecamatan yang telah di input melalui E-Planning sebanyak 948 kegiatan, untuk usulan prioritas peningkatan infrastruktur pada Dinas PU, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman sebanyak 303 usulan dan pada Dinas Perhubungan sebanyak 23 usulan, Dinas Kominfo sebanyak 1 usulan.

Sementara usulan prioritas peningkatan kualitas pendidikan pada Dinas Pendidikan sebanyak 321 usulan, untuk usulan peningkatan kualitas kesehatan melalui Dinas Kesehatan sebanyak 63 usulan. Usulan prioritas Pengembangan Kawasan Strategis pada Dinas Pariwisata sebanyak 5 usulan, Dinas Pertanian sebanyak 99 usulan, Dinas Ketahanan Pangan sebanyak 3 usulan, Dinas Koperasi dan UMKM sebanyak 1 usulan.

“Dari usulan yang telah dibahas pada Musrenbang baik ditingkat Kampung maupun Kecamatan yang paling banyak diusulkan oleh masyarakat yakni  infrastruktur seperti jalan dan bidang kesehatan, untuk bidang pariwisata dan UMKM masih sedikit”, terangnya.

Sementara hal senada disampaikan Plt. Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si dalam sambutannya, bahwa sebelum pelaksanaan kegiatan ini ia sudah mengikuti kegiatan Musrenbang baik yang ada di tingkat Kampung maupun Kecamatan. Ia juga mengatakan bahwa forum perangkat daerah ini sangat strategis, karena untuk merumuskan pelaksanaan RPJMD Kab. Siak tahun 2016-2021 dan dari situlah nantinya akan kelihatan hasil kerja Pemda Siak selama 5 tahun.

“Ada beberapa program yang menjadi prioritas Pemkab Siak di tahun 2019, yakni peningkatan infrastruktur secara merata terutama jalan poros yang ada di kampung, bidang pariwisata, jaringan listrik dan masalah air bersih, meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan, meningkatkan kualitas kesehatan, kemudian juga Alarm persalinan karena dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi dan lain sebagainya”, jelasnya.

Selanjutnya beliau menghimbau kepada OPD terkait agar penyusunan Renja tahun 2019 harus sudah menggunakan E-Planning dan E-Budgeting, dan diharapkan kepada seluruh OPD agar menjadi usulan prioritas bidang pariwisata dan UMKM, hal ini untuk menumbuhkan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat.

Sumber : Humas Kab. Siak, 19 Maret 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed