oleh

Restorasi Gambut di Kabupaten Siak

Kabupaten Siak merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Riau yang menjadi sasaran restorasi gambut. Kondisi restorasi gambut dilakukan akibat turunnya permukaan air gambut sehingga perlu dilakukan pembuatan sekat kanal di tempat yang sering rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan.

Sekat kanal dibuat bertujuan untuk menaikkan daya simpan (retensi) air pada badan kanal dan sekitarnya serta mencegah penurunan permukaan air di lahan gambut sehingga lahan gambut di sekitarnya tetap basah dan sulit terbakar.

Menurut hasil review dan penelitian lembaga non pemerintah (NGO) Elang dan Windrock tahun 2017 terhadap program penyelamatan gambut dan karhutla yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Siak sudah dimulai sejak tahun 2014 – 2016 antara lain telah berhasil menurunkan deforestasi sebesar 5,8%. Penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 18 mgt co dan penurunan lahan terbakar dari 644 kejadian menjadi 389 kejadian.

Salah satu Kampung yang saat ini tengah giat ikut berpartisipasi mendukung program Kabupaten Hijau adalah Kampung Dayun yang berada di Kecamatan Dayun. Kampung Dayun sendiri saat ini memiliki komitmen sebagai Kampung yang ramah terhadap lingkungan dan perubahan iklim.

Sumber : Humas Kab. Siak, 30 April 2018

Editor Narasi : *eq_medcen*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed