oleh

Riau Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Milenial Menuju Ekonomi Syariah

Pekanbaru (MCS) – Universitas Lancang Kuning (Unilak) mengadakan seminar nasional bertema “Peluang dan Tantangan Investasi di Era Revolusi Industri 4.0,” yang ditaja Pascasarjana Universitas Lancang Kuning Provinsi Riau, Kamis (14/2/2019).

Hal tersebut menjadi keyakinan Bupati Siak Syamsuar saat meyampaikan saat menjadi pembicara dihadapan mahasiswa pascasarjana Universitas Lancang Kuning (Unilak) selaku pimpinan daerah harus mempunyai visi dalam memperbaiki perekonomian masa depan daerah.

Ekonomi syariah dapat dijadikan andalan Riau di masa depan, dalam menyongsong berbagai peluang dan tantangan Investasi di Era Revolusi Industri 4.0. Selama ini ekonomi syariah dinilai lebih tahan terhadap krisis ekonomi dan mampu menekan inflasi, sehingga dapat mendorong tumbuhnya sektor riil.

Pengambangan ekonomi Islam juga dipastikan lebih berpihak pada ekonomi kerakyatan, sehingga diharapkan dapat menghilangkan sistem bunga sehingga lebih berkah, aman, adil transparan dalam profit. Karena itu Ekonomi Syariat perlu dikembangkan dengan memanfaatkan revolusi industri diera digitalisasi ekonomi saat ini.

Terkait kesiapan daerah dalam menyongsong era ekonomi digital 4.0, Syamsuar dikesempatan itu menceritakan sejumlah upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Siak diberbagai dibidang.

“Ada empat strategi global terkait ekonomi digital oleh pemerintah dalam usaha mewujudkan dukungan ekonomi kreatif (ekraf), berperan sebagai akselerator, memfasilitasi dan memberi insentif generasi milenial berinovasi dan berkreasi” kata dia.

Dibidang regulasi misalnya pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat dan Melalui program Pelayanan Terpadu Kecamatan (PATEN), dan layanan perizinan berbasis inovasi Online Tracking Sistem DPMPTSP. Selain itu Pemkab juga sudah menyiapkan perangkat Peraturan Daerah yang mendukung Investasi dan menciptakan keamanan, penegakan dan kepastian hukum bersama FORKOMPINDA.

Seminar Nasional yang dimoderatori tokoh Riau Drh. H.Chaidir.MM ini menghadirkan dua narasumber lain selain Bupati Siak sekaligus Gubernur Riau terpilih 2019-2024 itu, diantaranya Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan Nasir dan pakar tata negara Universitas Islam Indonesia Prof. Dr. Ni’Matul Huda. SH. M.Hum, yang berlangsung di Aula Pustaka Kampus Pascasarjana Unilak Pekanbaru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed