oleh

RSUD Tengku Rafi’an Menuju Smart Hospital Kabupaten Siak

Siak Sri Indrapura, MC – Memasuki era revolusi industri 4.0 yaitu era berbasis digitalisasi dan data internet yang membawa perubahan, tentu harus mendukung rumah sakit menyesuaikan keadaan dengan perubahan-perubahan yang memang menjadi sebuah keharusan yang perlu dilakukan oleh semua rumah sakit di Indonesia.

Tentu dalam hal ini RSUD Tengku Rafi’an juga sedang mengembangkan konsep sistem terintegrasi menjadi Smart Hospital dalam menghadapi era digitalisasi tersebut.

“Smart Hospital adalah sebuah konsep rumah sakit cerdas yang berfokus pada optimalisasi pelayanan pasien di rumah sakit dengan menggunakan sistem teknologi informasi berbasis internet terkonektivitas pada pelayanan medis maupun non medis, sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan memuaskan sipasien tersebut”, ungkap Direktur RSUD Tengku Rafi’an dr H Benny Chairuddin SpAn MKes.

Penggunaan teknologi informasi rumah sakit menjadi suatu keperluan dan harapan akan layanan berkualitas dan prima, teknologi informasi tidak hanya menjadi pendukung pelayanan di rumah sakit juga beri kemudahan kepada pasien ataupun keluarga pasien.

“Kami sudah memulai penggunaan teknologi informasi secara bertahap. Mulai dari sistem informasi manajemen rumah sakit, teknologi peralatan medis, layanan fasilitas serta layanan pengaduan bagi penguna atau pasien dalam menerima pelayanan kesehatan yang kami berikan kepada masyarakat”, ujar dr. Benny.

Ini semua dilakukan untuk apiliasi dengan kemajuan dan harapan akan layanan kesehatan yang begitu tinggi menjadi faktor penting dan sangat mendukung Kota Siak sebagai kota cerdas atau Smart City.

Ke depan kami akan kembangkan pendaftaran antrean pasien lewat WhatsApp, rekam medis elektronik, dan telemedicine, di mana dokter bisa berkonsultasi langsung pasien terkait apa yang menjadi kebutuhan sipasien tersebut secara detail.

Juga akan dikembang aplikasi informasi tentang RS terhadap rekam medik data pasien, melalui scan barcode, finger print maupun scan retina agar mempermudah pasien untuk langsung bisa dilayani karna terkoneksi langsung pada data induk pasien, menjadikan sangat mudah untuk menganalisa hal tersebut sebutnya.

Pengembangan teknologi informasi ini juga berguna untuk mendukung RSUD Tengku Rafi’an sebagai Hospital Tourism atau RS dengan layanan wisata medis sesuai dengan visi Kabupaten Siak menjadi tujuan wisata di Pulau Sumatera.

Selain itu dalam penggunaan teknologi informasi tentu juga berdampak pada pengurangan dalam penggunaan kertas (paperless) selama aktifitas menyelesaikan pekerjaan adminitrasi, sehingga RSUD Tengku Rafi’an  juga ikut mendukung terlaksananya konsep Kabupaten Siak Hijau.

Sumber http://riaupos.co
Editor doliwtr

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed