oleh

Rumah Sakit Tipe D Kecamatan Kandis di Resmikan

Kandis, MC – Bupati Siak Alfedri meresmikan satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D, yang berlokasi di kecamatan Kandis, sebelumnya Bupati Alfedri juga telah meresmikan Rumah Sakit tipe D di kecamatan Tualang, Kabupaten Siak.

Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D ini, merupakan kebijakan dan program strategis pemerintah kabupaten Siak, yang tertuang di dalam Rencana Strategis (Renstra) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Siak dibangun menggunakan anggaran APBD kabupaten Siak tahun 2022 dengan nilai Rp7,7 Miliar.

“Alhamdulillah, hari ini kita bersama dapat berkumpul di halaman Rumah Sakit tipe D di Kecamatan Kandis, saya rindu dan senang bisa silaturahmi bersama masyarakat Kandis”, kata bupati Alfedri, di Kecamatan Kandis, kabupaten Siak, Riau, Rabu (28/9/2022).

Orang nomor satu di negeri istana itu menambahkan, dibangunnya Rumah Sakit tipe D ini, merupakan komitmennya untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat kabupaten Siak, khususnya bidang kesehatan.

“Kita akan bangun 5 rumah sakit tipe D di lima kecamatan yang letaknya jauh dari ibu kota kabupaten, dan kecamatan berpenduduk ramai, seperti kecamatan Tualang dan Kandis. Alhamdulillah, dengan akan diresmikannya pemakaian rumah sakit tipe D di kecamatan Kandis, kita sudah memiliki 5 rumah sakit tipe D di Kabupaten Siak, selain rumah sakit tipe C yakni RSUD Tengku Rafi’an”, jelas Alfedri.

Masih kata Alfedri, rumah sakit tipe D kecamatan Kandis, untuk tahap awal di isi dokter spesialis penyakit dalam dan anak, namun nanti berjalannya waktu akan ada spesialis bedah.

“Berjalannya waktu dan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan, nantiknya RS ini akan kita kembangkan secara bertahap. Untuk di provinsi Riau, kabupaten Siak merupakan kabupaten yang membangun rumah sakit tipe D terbanyak dengan jumlah 5 rumah sakit. Selain 5 rumah sakit tipe D, kita juga telah membangun 17 puskesmas,”ucapnya.

Kedepannya kata dia, bagi daerah yang jauh dari puskesmas, Pemda Siak akan membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus, dengan kebijakan menempatkan satu dokter disitu. Selain Pustu Plus, Pemda Siak juga akan memberikan bantuan berupa Ambulans.

“Saya berharap dengan difungsikannya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D di kecamatan Kandis ini, pelayanan di bidang kesehatan dapat terpenuhi dan meningkat,”tutupnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Toni Candra menjelaskan pembangunan rumah sakit tipe D ini, salah satu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Siak tahun 2021-2026.

“Pada RPJMD, pak bupati memiliki program akan membangun lima rumah sakit di Kabupaten Siak, yakni rumah sakit tipe D di kecamatan Perawang, Kandis, Minas, Kerinci Kanan dan Kecamatan Sungai”,ucap Toni.

Toni bersyukur, karena hari ini Rumah Sakit tipe D di kecamatan Kandis segera diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Siak.

“Alhamdulillah, hari ini kita menyaksikan bersama sebentar lagi RSUD tipe D ini akan di resmikan bupati kita. Rumah Sakit tipe D ini, merupakan kado terakhir bagi saya. Insyaallah, terhitung tanggal 1 oktober 2022 nantik. Saya sudah tidak menjabat sebagai kepala Dinas Kesehatan lagi, dan ini pekerjaan rumah yang harus saya selesaikan”,tutup Toni.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed