oleh

Sambut Ramadan, Warga Datangi TPU Siak Untuk Ziarah ke Makam Keluarga

Biasanya, sepuluh hari menjelang bulan suci ramadan tiba, adalah tradisi masyarakat Kabupaten Siak ramai-ramai mendatangi Tempat Pemakaman Umum (TPU). Kedatangan warga dipemakaman untuk membacakan doa yang ditujukan kepada orang tua, saudara atau karib kerabat yang telah tiada.

Sejatinya, ziarah kubur sebelum ramadan bukan hanya untuk mengenang orang-orang yang telah mendahului kita. Tetapi untuk lebih ditekankan dengan ziarah kubur agar kita mengingat kematian. Mati adalah sesuatu yang pasti terjadi, karena itu kita harus mempersiapkan diri menghadapi kematian itu.

Salah seorang warga Siak Zuraida saat dihampiri di lokasi pemakaman Suak Santai Kampung Rempak Rabu (16/05/2018) mengatakan, kehadirannya di pemakaman selain bersih-bersih makam mertua dan keluarga juga dalam rangka menyambut bulan suci ramadan, kita selalu mendoakan keluarga yang telah tiada.

“Kita bersama keluarga datang ke pemakaman ini untuk berziarah ke makam dan membersihkan kubur serta melakukan doa bersama, doa tersebut kita fidyahkan bagi keluarga dan orang tua yang telah meninggal”, terang Zuraida.

Zuraida juga menambahkan, ziarah makam atau nyadran dalam bahasa Jawa, menjadi kebiasaan yang dilakukan hampir seluruh masyarakat Indonesia. Terutama yang beragama Islam, sebelum memasuki bulan suci. Sama halnya di Siak biasanya warga datang ramai ramai sekeluarga, ada juga yang sendirian. Melakukan do’a yang ditujukan bagi keluarga yang sudah meninggal.

“Ziarah kubur sebelum ramadan ini, lebih kepada persiapan mental untuk memasuki bulan suci. Meskipun ziarah makam yang dikhususkan hanya setiap menyambut bulan puasa tidak terdapat dalam syariat. Namun ini sebuah tradisi yang berlangsung sejak dahulu hingga sekarang”, pungkas Zura.

Pantawan di beberapa lokasi berbeda tempat pemakaman umum di Kota Siak, menjelang satu hari memasuki  ramadan 1439 H yang jatuh pada hari Kamis 17 mei 2018, terlihat ramai dipadati penziarah.

Sumber : Humas Kab. Siak, 16 Mei 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed