oleh

Sekat Kanal Efektif Basahkan Gambut dan Tekan Karhutla

Sabak Auh (MCS) – Kepala Staf Kantor Kepresidenan RI Moeldoko dan Kepala BRG RI Nazir Foead mengunjungi Kabupaten Siak untuk melihat secara langsung perkembangan program kerja Badan Restorasi Gambut (BRG RI) di Dusun II Jaya Mukti sabak Auh , jum at (22/2/2019).

Rombongan sampai di titik lokasi sekat kanal, berdialog langsung dengan masyarakat terhadap pembangunan sekat kanal ini berguna dan ada manfaatnya bagi masyarakat sekitar kawasan gambut ini.

Penghulu kampung Bandar pedada Putra Fajar menerangkan dengan telah selesai dibangun Sekat kanal Dusun II Jaya Mukti Kampung bandar pedada ini merupakan bantuan program dari BRG dan pemerintah daerah, kini masyarakat merasa sangat terbantu.

“Ada 4 sekat kanal disepanjang jalur aliran air, ini sangat berguna sekali bagi kami masyarakat petani perkebunan dengan adanya sekat kanal ini air terjaga dan kami terbantu”, kata penghulu Fajar.

Dalam hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, Alfedri, ini kami sangat mendukung adanya langkah kongkit terhadap Restorasi Lahan Gambut, misalnya melalui program Masyarakat Peduli Api (MPA) yang sudah berjalan di Siak serta masyarakat juga diberikan sosialisasi dampak bahaya kebakaran hutan dan lahan.

“Salah satu manfaat lain yang dirasakan dari program sekat kanal adanya kreatifitas masyarakat untuk mengelola kawasan gambut menjadi objek agrowisata. Selain berguna terhadap lahan gambut pun akan terjaga tetap basah hingga dapat ditanami sesuai dengan komoditas yang cocok di atas lahan gambut tersebut”, kata Alfedri.

Turut mendampingi kedatangan Kepala Staf Kepresidenan Moedoko, Gubernur Riau Syamsuar, Bupati Pelalawan Haris, Kepala BRG Nazir Foead, Perwira Kodim 0303 Bengkalis, Camat Sabak Auh, Kapolsek Sabak Auh, Kakan Satpol PP Siak Kaharuddin, bersama kepala kampung sekecamatan sabak auh dan masyrakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed