oleh

Sekda Kab. Siak Bahas Infrastruktur Kawasan KITB

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Drs. H. T. S Hamzah melakukan Pemaparan mengenai penyediaan infrastruktur pendukung pada Kawasan Industri Tanjung Buton. Pembahasan tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jendral Pengembangan Perwilayahan Industri di Jakarta, Rabu (26/7/17).

Tujuan dari pertemuan tersebut yaitu berkenaan  dengan percepatan pengembangan Kawasan Industri Baru di 5 Daerah yang sudah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional melalui Peraturan Presiden Nomor 58 tahun 2017. Sehingga diperlukan koordinasi  dalam rangka penyediaan insfrastruktur pendukung seperti, jalan, bandara, air bersih, listrik, perkantoran serta penambahan panjang dermaga sepanjang 200 m dan infrastruktur penunjang lainnya. Infrastruktur ini diusulkan baik di dalam  maupun diluar kawasan industri. Pertemuan tersebut juga dihadiri  kementerian – kementerian terkait.

Drs. H T. S. Hamzah dalam pemaparannya menjelaskan, bahwa Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) memiliki luas lahan yang telah dibebaskan seluas 5.192 hektar. Dari luas lahan tersebut, 600 hektar diantaranya telah bersertipikat hak pengelolaan.

“Keunggulan dari Kawasan Industri Tanjung Buton tentunya status lahan sudah dibebaskan dan telah dibentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yaitu PT. KITB, serta telah dijalin kerjasama dengan PT. Bosowa Corporindo. Kawasan ini sangat strategis karena ada tiga rute untuk menuju jalur pelayaran International ( selat malaka ),” ujarnya.

Ia juga menjelaskan kondisi penunjang pelabuhan, serta aktivitas pelabuhan yang sudah berfungsi, dengan adanya kegiatan  kegiatan bongkar kendaraan roda 4 untuk wilayah Riau dan sekitarnya, bongkar Pupuk Sriwijaya serta kegiatan ekspor cangkang baik ke Jepang, Filipina, Korea Selatan maupun Singapura.

Turut mendampingi pada pertemuan tersebut Asisten II Dr. H. Syafri Lenti, Bappeda, Kepal Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Kepala Bagian Ekonomi.

Sumber : Humas Kab. Siak, 28 Juli 2017

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed