oleh

Semua Element Daerah Harus Bekerjasama Wujudkan Pemilu Aman dan Demokratis

Pekanbaru (MCS) – Apel tiga pilar bersama Pemerintah Provinsi Riau, Forkompinda dan masyarakat dipimpin oleh Wakil Gubernur Riau H Edi Nasution, dalam rangka menyukseskan pemilu tahun 2019 dengan Aman, Damai dan Sejuk, di halaman Kantor Gubernur Riau Pekanbaru, Senin (01/04/2019).

Wagubri H Edy Nasution yang menjadi pembina apel mengatakan menghadapi Pemilu Serentak 2019 ini, Pemerintah bersama Unsur Forkompimda dan komponen masyarakat komit mendukung suksesnya penyelenggaraan hajat demokrasi dengan komitmen Semua Element Daerah Harus Bekerjasama Wujudkan Pemilu Aman dan Demokratis.

“Kita ketahui bersama pesta demokrasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden beberapa hari lagi, agar pelaksanaanya berjalan baik dan aman, seluruh unsur instansi kita kumpulkan dan kita gelar apel kesiapan,” kata Edi, sembari menekankan pelaksanaan Apel tiga Pilar merupakan bentuk kepedulian dan komitmen menciptakan Pemilu yang Aman, Damai dan Sejuk.

Bupati Siak Alfedri bersama kepala daerah kabuapten/kota mengatakan keberhasilan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019 sangat berdampak luas terhadap tingkat kepercayaan masyarakat dalam pembangunan. Oleh karena itu kata Alfedri, seluruh elemen wajib bekerjasama dalam mensukseskan Pemilu 2019 dengan sebaik-baiknya.

“Mari kita saling menyamakan bergerak dan berkolaborasi dalam mewujudkan penyelenggaraan pesta demokrasi bermartabat sesuai Undang-undang, dengan meningkatkan nilai budi pekerti luhur yang bermanusiaan yang adil jujur beretika dan santunan dalam berpolitik” ajak Alfedri.

Santun berpolitik harus jadi tujuan kita bersama agar marwah Demokrasi dalam helat Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 berjalan sesuai apa yang kita harapkan bersama-sama, dan walaupun berbeda pandangan politik di tengah masyarakat kabuapten Siak khususnya.

Alfedri juga berharap peran media massa, media sosial, dan lembaga survei turut mendorong sosialisasi Pileg dan Pilpres 2019 dalam meningkatkan konsolidasi demokrasi lokal, serta ikut menyuarakan dan mencegah praktik buruk dalam demokrasi.

“Pers berperan besar dalam memberikan pendidikan politik kepada para pemegang hak pilih. Semakin tinggi tingkat edukasi masyarakat, akan semakin tingkat rasionalitas mereka untuk ikut berpartisipasi dalam Pileg dan Pilpres 2019” kata Alfedri.

Setelah pelaksanaan Apel tiga pilar, Gubernur Riau, Bupati dan Walikota Se-Riau melakukan penandatanganan Deklarasi Pemilu 2019 bersama dan Damai.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed