oleh

Siak dan Tanjung Pinang Jadi Titik Pusat Pemantauan GMC oleh LAPAN

Bandung (MCS) – Kepala Lembaga Pusat Sains dan Antariksa Nasional (LAPAN) Clara Yatini saat membuka Rapat Koordinasi GMC 2019, di gedung LAPAN Kota Bandung jumat, (12/04/2019).

Daerah Kabupaten Siak Provinsi Riau dan Kota Tanjung Pinang Provinsi Kepri harus dapat mengambil peran penting dalam memberikan pemahaman bagi pelajar dan mahasiswa serta  masyarakat umum, kerana 2 titik daerah ini akan jadi kelompok besar dalam mengamati GMC 2019 nanti.

“Kita berharap event GMC 2019 jangan lewat begitu saja, karena ia memiliki makna yang lebih dari sekedar penomena alam yang mungkin bisa terjadi untuk kita amati”, kata Clara.

Lanjutnya, LAPAN mendorong bagi Daerah-daerah yang di lintas Gerhana Matahari Cincin (GMC) nanti untuk menetapkan satu tempat lokasi strategis dan mudah untuk di akses oleh masyarakat dan pengunjung nantinya.

Melalui rakor ini ia meminta masukan kepada daerah yang di lewati GMC tahun 2019 ini sejauh mana kesiapannya. Dan sosialisasi yang di lakukan agar gaungnya dapat di rasakan secara nasional. Event ini juga menjadi momen bagi perkembangan pariwisata, dan ekonomi di daerah.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni didampingi oleh Kabag Humas dan Protokol Wan Saiful Effendi mengikuti rakor ini menyampaikan kesiapan Kabupaten Siak sebagai daerah untuk titik pusat pengamatan Gerhana Matahari Cincin (GMC) oleh LAPAN di akhir tahun 2019 nanti.

Gerhana Matahari Cincin (GMC) tidak sekedar jadi fenomena alam yang terlewatkan begitu saja. Namun momen bersejarah tersebut memiliki makna tersendiri bagi masyarakat dan tentu juga jadi pembelajaran dasar (saintifik) bagi para pengamat untuk bisa menghasilkan amatan yang baik.

Supaya dapat menciptakan ide-ide menarik kita melibatkan kelompok masyarakat, Siswa sekolah, mahasiswa agar bisa mensosialisasikan rencana ini sembari memberikan edukasi kepada masyarakat umum terkait fenomena Alam gerhana matahari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed