Siap-Siap, Pegawai Yang Malas Akan Terpantau

Dalam rangka meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Siak, Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Siak menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Kinerja dan Pelaksanaan Evaluasi dan Kinerja ASN di Aula Hotel Grand Royal, Siak, Selasa (31/10/ 17) pagi.

Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola kepegawaian tentang aplikasi e-kinerja. Aplikasi ini digunakan untuk penilaian kinerja dari ASN dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Siak, Wan Abdul Razak, saat membuka Bimtek tersebut yang diikuti 40 orang ASN. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 31 sampai 2 November 2017.

“Dengan kegiatan ini nantinya para peserta dapat meningkatkan pengetahuan keterampilan pengelolaan kepegawaian tentang pengolahan data dan informasi kepegawaian berbasis teknologi informasi. Penerapan e-kinerja ini menjadi penting sebagai upaya peningkatan kesejahteraan ASN,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Siak, yang diwakili Asisten Administrasi Umum Drs. H. Jamaluddin, M.Si berharap para peserta benar-benar serius mengikuti kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari ini.

Dengan adanya aplikasi e-kinerja, dipastikan tidak ada pegawai yang tidak tahu akan apa yang harus dikerjakan olehnya. “Nanti kalau sudah diterapkan, langsung ketahuan pegawai yang tidak hadir pada hari itu dan ketahuan pegawai yang kinerjanya tidak produktif,” tegasnya.

Ditambahkannya, bahwa penerapan sistem e-kinerja tersebut dilakukan secara bertahap, kemudian diharapkan peserta Bimtek mampu memahami dan menggunakan aplikasi e-kinerja tersebut dengan baik.

Sementara narasumber dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Johanes Irawan, Kasubdit penyusunan penilaian kinerja ASN menjelaskan, paradigma dan mindset pegawai dalam pelaksanaan penilaian prestasi kerja cenderung masih dengan cara lama.

Dari e-kinerja ini semua data kinerja pegawai akan tercatat mulai dari perencanaan sampai penilaiannya nanti akan dibuat dalam satu sistem. Dengan adanya e-kinerja ini maka diharapkan sistem yang terbangun untuk penilaian kinerja pegawai akan lebih efisien.

“Tujuan utama e-kinerja agar pengendalian monitoring lebih mudah dari BKN ke instansi-instansi terkait,” tutur Irawan.

Ia menambahkan nantinya e-kinerja akan dibuat secara online sehingga dapat terintegrasi antara masing-masing instansi dengan BKN. Karena selama ini belum ada database kinerja seorang ASN, maka diharapkan dari data ini akan membuat standar kinerja pegawai lebih terjaga.

Sumber : Humas Kab. Siak, 31 Oktober 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *