oleh

Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Tingkat Kabupaten Siak Tahun 2017

“Upaya meningkatkan gizi masyarakat Siak, serta minat untuk mengkonsumsi ikan perlu terus dilakukan melalui berbagai kegiatan.” Hal itu disampaikan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Siak Rasidah Alfedri saat membuka Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), Kamis (20/7) pagi, di Gedung Wanita, Jalan Raja Kecik, Siak.

Lebih lanjut Rasidah mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan bagian dari kegiatan lomba masak berbahan serba ikan dan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Tingkat Kabupaten Siak Tahun 2017.

Sosialisasi kali ini mengangkat tema bagaimana cara mengolah dan cara menyimpan ikan segar yang baik dan benar. Manfaat dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat, sehingga berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumberdaya manusia.

“Tema kita pada tahun ini adalah bagaimana cara pengolahan dan cara menyimpan ikan yang baik dan higienis, agar kandungan zat gizi, protein maupun vitamin yang ada  didalam ikan tersebut tidak berkurang akibat cara pengolahan dan penyimpanan yang tidak benar,” ujar istri Wabup Siak itu.

Guru pengawas SMA Negeri 1 Siak ini mengharapkan kepada peserta yang hadir untuk tidak bosan-bosannya mengajak masyarakat untuk mengkonsumi ikan (Gemarikan), sehingga akhirnya kita memiliki generasi yang sehat, cerdas dan kuat.

Diujung sambutannya ia mengatakan, beberapa waktu yang lalu pihaknya telah melakukan kegiatan pengolahan makanan berbahan dasar ikan di Kecamatan Bungaraya, saat itu dibuat bakso dan amplang yang berbahan dasar ikan. Menariknya, ibu-ibu di Kecamatan Bungaraya tersebut telah berani memasarkan amplang buatannya ke super market dan warung-warung.

Sementara, Ketua Harian Forikan Rahimawati Hamzah mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih keterampilan dan meningkatkan pengetahuan pengurus Forikan kecamatan akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang berbahan dasar ikan.

Kemudian untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan memasyarakatkan dan membiasakan keluarga untuk mengkonsumi aneka makanan dan minuman yang beragam dan bergizi, berbahan dasar ikan, untuk kebutuhan sehari-hari dengan memanfaatkan sumber daya potensi yang ada disekitar kita.

Selain itu, peserta yang hadir dari seluruh kecamatan se Kabupaten Siak dibekali untuk persiapan pelaksanaan lomba (technical meeting) masak serba ikan tingkat Kabupaten Siak, yang akan dilaksanakan pada kamis mendatang.

Peserta sosialisasi tersebut terdiri dari ketua Forikan kecamatan dan kader PKK kecamatan yang berjumlah sebanyak 50 orang. Hadir saat itu Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Susilawati, Narasumber dari Poltekes Kemenkes Riau Lailiyana serta jajaran staf dari Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Siak.

Sumber : Humas Kab. Siak, 21 Juli 2017

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed