oleh

Sosialisasikan STBM Untuk Penyehatkan Lingkungan Tingkat Kecamatan Se-kabupaten Siak

Minas (MCS) – Dinas Kesehatan kabupaten Siak menyelenggarakan pertemuan lintas sektor  terkait Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)  dalam kegiatan Penyehatan Lingkungan di kecamatan Minas bertempat di aula gedung rapat kantor Camat Minas, Rabu (10/04/2019).

kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dan beri pemahaman agar masyarakat kampung dan kelurahan terhadap pentingnya kebutuhan Sanitasi sebagai sarana kehidupan yang bersih dan layak, agar masyarakata mau dan mampu untuk menerapkan supaya memiliki jamban sehat.

Tujuan kegiatan ini agar tercipta perilaku hidup sehat dan bersih, sebab ini merupakan tanggung jawab kita bersama dan dalam hal ini Pemerintah kabupaten Siak melalui Dinas Kesehatan menjadi poros terhadap Kesehatan Masyarakat dalam menggerakan Pertumbuhan Pembangunan bidang Kesehatan.

Disini kami akan beri pemahaman akan pentingnya perilaku hidup sehat agar masyarakat terhindar dari penyakit-penyakit yang bersumber dari lingkungan sekitar yang tidak sehat seperti diare, Tipus dan juga stanting sebagai salah satu penyebab datang dari sanitasi kotor penuh dengan kuman-kuman penyakit.

Adapun Data kami terhadap jumlah Keluarga yang masih BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di Kelurahan dan Kampung Se-kecamatan Minas berdasarkan survei dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Siak, adalah di kampung Minas Barat berjumlah 28 titik, Rantau Bertuah 15 titik, Minas Jaya 16 titik, Mandiangin 2 titik dan Minas Timur 2 titik.

“Kegiatan ini akan berlajut di 14 kecamatan se-kabupaten Siak, dan kecamatan Minas adalah kecamatan ke-11 yang telah di kunjungi Dinas kesehatan Siak. “Ini sudah yang ke 11, tinggal kecamatan Bunga raya,  kecamatan Sabak Auh dan kecamatan Siak lagi yang belum, untuk itu kita juga memohon bantuan dari media terlebih media online ini juga sangat membantu untuk suksesnya kegiatan yang di selenggarakan oleh seluruh Instansi termasuk kita di Dinas Kesehatan.” Tutupnya.

Perilaku Hidup Sehat tentu akan terbebas dari segala macam penyakit yang selalu mengintai manusia, untuk itu selalulah menjaga sirklus mata rantai hidup sehat, semisalnya di sekolah-sekolah maupun fasilitas umum agar waspada terhadap dampak langsung kepada kesehatan keluarga kita.

Narasumber dari Dinkes Kabupaten Siak oleh Muhamad Syariffudin SKm, menjabat Kasi Kesehatan Lingkungan Kerja Dan Olah Raga (Kesling dan kesjaor), di ikuti juga oleh Camat Minas Hendra Adi Nugraha SSTP Msi, Kepala Puskesmas Minas Dr Hidayati Jasri, Beserta Lurah dan Penghulu Kampung Sekecamatan Minas. (MCSiak/doliwtr/idrisH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed