oleh

Stand Dekranasda Siak diserbu Pengunjung

Siak Sri Indrapura (MC) – Rasidah menuturkan apa saja produk-produk yang dipamerkan. Mulai dari tanjak, kain tenun, tutup gelas, selendang, kain batik Siak, produk makanan ringan, dan lain-lain. Di kesempatan itu, masing-masing kepala daerah diajak meninjau stan pameran Dekranasda dari Banda Aceh, stand kopi Aceh dan stand Dekranasda Kabupaten Siak. Karena masa pandemi, tidak banyak yang membuat stand pameran kerajinan, dari daerah masing-masing karena masalah anggaran, Jum’at (21/12/20).

Salah seorang pengunjung, Zanariah Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang memborong Souvenir berupa tutup gelas. Dirinya datang ke Siak mewakili Walikota yang berhalangan hadir. Sementara Ketua Dekranasda Banda Aceh Hj. Nurmiati AR dan Wakilnya Hj. Fauzi AH serta Ketua Dekranasda Kota Bau Bau, Wa Ode Nursanti Monianse, penasaran ingin melihat langsung proses pembuatan kain tenun dan batik Siak.
Setiba dilokasi Ketua Dekranasda Kab Siak Rasidah Alfedri menjelaskan, bahwa pihaknya melakukan kegiatan seperti, pelatihan membatik, pelatihan menenun, lomba desain motif batik Siak, festival batik Siak, Jumat berbagi dan lain-lain. “Sejauh ini untuk pemasaran kain tenun dan batik Siak, tidak ada masalah”, ucap Rasidah. Istri Walikota Aceh saat melihat perajin tenun mengatakan, cara membuat kain tenun Siak ini hampir sama dengan daerahnya, bahkan nama motif kain tenunnya pun sama, yaitu Pucuk Rebung. (MCS/RR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed