oleh

Tahun ini Pemkab Siak Tingkatkan Jalan Poros di Enam Kecamatan

Salah satu visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Siak 2016-2021 adalah mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang merata terutama di kampung-kampung serta penerapan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Sesuai dengan visi dan misi tersebut pembangunan jalan poros merupakan salah satu yang menjadi prioritas. Saat dihubungi Kepala Dinas PU Tarukim Siak, H.Irving Kahar Arifin, Jumat (25/05/2018) sore mengatakan, pihaknya akan membangun peningkatan jalan poros kampung di enam kecamatan, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018.

Irving menyampaikan bahwa saat ini memang lebih mengupayakan peningkatan jalan melalui sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) dari dana pusat secara langsung, karena sejak tahun 2016 APBD Kabupaten Siak cenderung menurun. Secara keseluruhan jalan Kabupaten yang menjadi kewenangan Pemkab Siak untuk perawatan maupun peningkatan panjangnya mencapai 2.880,19 km.

Dijelaskan pula oleh Kepala Dinas PU Tarukim Kab. Siak saat ini jalan Kabupaten Siak panjangnya 2.880,19 km. Jalan yang sudah dalam kondisi baik baru direalisasikan sepanjang 1.383 kilometer dalam kurun waktu 18 tahun. Artinya baru sekitar 57% dari total panjang jalan Kabupaten Siak. Dengan kondisi keuangan yang tengah mengalami penurunan, tentunya Pemkab Siak tidak bisa merealisasikan seluruh usulan masyarakat yang berkenaan dengan perbaikan maupun peningkatan jalan tersebut. Karena penggunaan APBD tidak hanya diperuntukkan untuk jalan saja. Jadi untuk mewujudkan impian masyarakat terkait peningkatan jalan, Pemkab mengupayakan merealisasikannya dari dana pusat.

Sesuai informasi dari pengumuman yang ditayangkan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Siak, sejumlah jalan poros yang akan segera dilakukan peningkatan dan pengaspalan tersebut adalah :

  1. Peningkatan jalan poros Kampung Berumbung Baru Kecamatan Dayun (Macadam ¨C Aspal).
  2. Peningkatan jalan poros Kampung Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit (Aspal 1,5 KM + Pelebaran Beton 1 KM).
  3. Peningkatan jalan poros Dusun Tanjung Layang Kampung Tanjung Kuras Kecamatan Sungai Apit (ASPAL 1 KM + Base Kelas S 2,5 KM).
  4. Peningkatan jalan Sukasari Kwalian Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak (Aspal).
  5. Peningkatan jalan Diponegoro Kampung Delima Jaya Kecamatan Kerinci Kanan (Aspal).
  6. Peningkatan jalan menuju pemakaman Kelurahan Perawang Kecamatan Tualang (Aspal).
  7. Peningkatan jalan Pulai II Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang.
  8. Peningkatan jalan Batin Galang Kelurahan Simpang Belutu Kecamatan Kandis.
  9. Peningkatan jalan poros Kampung Sawit Permai Kecamatan Dayun (Kerikil-Aspal).
  10. Peningkatan jalan poros Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit (Aspal 1,5 KM + Base Kelas S 0,5 KM).

Sumber : Humas Kab. Siak, 26 Mei 2018

Editor Narasi : *eq_medcen*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed