Taman Tengku Mahratu

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Di taman Tengku Mahratu tersedia berbagai macam fasilitas, seperti banyak bangku panjang, pepohonan yang rindang, dan halaman yang luas untuk bermain. Taman ini terletak didepan Istana Siak. Pada malam hari tempat ini dijadikan juga sebagai tempat permainan anak, ada pula taman air mancur ini berdiri di kawasan Taman Tengku Mahratu, persis di tepian Sungai Siak. Tepatnya di Jalan Sultan Ismail, tak jauh dari Istana Siak.

Taman air mancur ini memiliki kolam yang cukup besar. Ukurannya lebih kurang 30 x 5 meter. Belasan pipa tempat pancuran air berdiri memenuhi kolam. Bila malam, air mancur ini sangat indah. Tata cahayanya begitu menarik dengan lampu warna-warni. Air terlihat seakan menari dengan mengikuti irama lagu Zapin Berjoget maupun Mozart yang diputar. Air Mancur ini sungguh cantik. Tak kalah dengan air mancur Sri Baduga di Purwakarta, Jawa Barat yang disebut-sebut terbesar di Asia Tenggara.  

Taman Air Mancur yang mulai dibuka tahun lalu, seakan menjadi ikon baru kota Siak Sri Indrapura. Kehadirannya menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Siak. Tapi, taman air mancur ini tak bisa dinikmati tiap malam. Air mancur cuma dinyalakan dua kali dalam sepekan, yakni malam minggu dan malam senin.