TPA An-Nur Juara Umum MTQ ke 15 Kampung Tualang

Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si mengapresiasi pelaksanaan  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XV tingkat Kampung Tualang hal ini diungkapkannya saat penutupan acara yang berlangsung di halaman TPA An-Nur RK 05 Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Selasa (28/3/2017).
 
“Kita apresiasi pelaksanaan MTQ XV Kampung Tualang semakin lebih baik dan meningkat setiap tahunnya, baik dari segi peserta yang dibuktikan dengan adanya peserta  Tilawah Lansia, ini merupakan terobosan baru pada perhelatan MTQ tahun ini, diperkirakan usia mereka 55 tahun berarti mereka lebih menghayati,” ujar Wakil Bupati Siak.
 
Dilihat dari sisi pengunjung yang hadir juga semakin ramai turut menyemarakkan perhelatan MTQ Kampung Tualang, para pedagang  semakin inovatif dalam menjajakan dagangannya, seperti mengadakan permainan berhadiah yang banyak menarik minat anak-anak dan kaum muda sehingga menambah ramainya acara MTQ Kampung Tualang.
 Selanjutnya Wakil Bupati Siak mengatakan Kabupaten Siak pernah menjadi juara dua pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau.
Panitia MTQ melaksanakan seleksi yang ketat dari awal dan mengundang pembina dari luar daerah untuk melatih dan membimbing terus menerus para qori dan qoriah dalam mengamati, meniru dan mencontoh. Kita bisa lihat qori dan qoriah menunjukan kualitas dan kuantitas terbaik mereka dalam bersaing untuk menjadi yang terbaik, pelaksanaan ini bukan hanya sebagai perlombaan saja namun juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyiarkan agama islam ini.
 
Ia berharap, dengan pelaksanaan MTQ tingkat kampung ini dapat melahirkan para qori dan qoriah terbaik untuk bersaing ditingkat Kecamatan, Kabupaten maupun Provinsi. Terpenting ambil hikmahnya dan bagaimana mengambil motivasi untuk mencintai Al Qur’an, tiada hari tanpa membaca Al Qur’an, perbaiki urusan kita sesama manusia dan perbaiki urusan kepada Allah. 
 
Sementara itu, Penghulu Tualang Jufrianto berharap kepada qori dan qoriah terpilih untuk terus giat berlatih agar nanti pada MTQ tingkat Kecamatan dapat bertanding dengan maksimal, bagi juara umum agar dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasi dimasa yang akan datang, jangan pernah puas dengan keberhasilan yang diraih. Kita berharap dengan MTQ ini dapat mencetak duta-duta qori dan qoriah terbaik guna mengikuti ajang pada MTQ tingkat Kecamatan Tualang, sehingga diharapkan nantinya dapat bersaing dengan kafilah-kafilah dari kampung lain se-Kecamatan Tualang.
 
Jufrianto menginginkan Kampung Tualang menjadi yang terbaik di ajang MTQ tingkat Kecamatan Tualang, untuk tahun ini kami ambil tema tanjak, makanya hiasan astaka ada tanjaknya. Tak lain tujuannya untuk memprioritaskan tanjak sebagai budaya melayu. Dilain pihak salah seorang peserta lansia Rositi (55), saat dijumpai mengaku senang dan tak menduga kalau dirinya bisa juara pertama. 
 
Pelaksanaan MTQ yang  berlangsung selama 3 hari tersebut, ditutup dengan pemukulan kompang oleh Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si,  Penghulu Tualang Jufrianto, Camat Tualang Zalik Effendi, anggota DPRD Riau Sumiyanti, dan anggota DPRD Siak Gustimar.  TPA An-Nur  RK 05 terpilih menjadi juara umum pada MTQ ke XV tingkat Kampung Tualang tersebut.
Sumber : Bagian Humas dan Protokol Siak, 29 Maret 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *