Upacara Peringatan HUT Damkar Ke-89

“Kami Pemadam Kebakaran Indonesia, mengutamakan kepentingan masyarakat didalam melaksanakan tugas pencegahan, pemadaman dan penyelamatan, serta senantiasa siap sedia berbakti kepada Negara dan Bangsa”. Itulah salah satu poin Ikrar “Yudha Brama Jaya” yang dibaca oleh Widia Yupita Syari pada Upacara Peringatan HUT Damkar ke-98 di lapangan Tugu depan Istana Siak, Jum’at (31/3/2017) pagi.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Siak Irwan Priyatna mengatakan, petugas Damkar Siak selalu siap siaga 24 jam, mulai dari kebakaran pemukiman, Karlahut, serta melakukan penyelamatan setiap musibah bencana alam, kecelakaan dan hal-hal yang menyangkut keselamatan masyarakat. Beberapa anggotanya telah memiliki Sertifkat Nasional, terdiri dari F1 sebanyak 47 orang, F2 56 orang, diantaranya lulusan terbaik sertifikasi F1 yang diraih oleh Nindi Aprilia Srikandi dan lulusan Assesor terbaik putra atas nama dirinya sendiri. Damkar Siak telah berhasil meraih penghargaan terbaik pertama Nasional dalam penanganan kebakaran lahan dan hutan oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta tahun 2015 dan di Semarang tahun 2016 yang lalu.

Sebelumnya Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan, sosok petugas Damkar harus memberikan pelayanan kebakaran kepada masyarakat dan merealisasikan tugas pokoknya. Disamping tugas pokok tersebut, petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam, tidak mengenal hari libur,  dan siap memadamkan kebakaran dengan  Motto “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”.

Diujung sambutannya Wakil Bupati Siak menyampaikan ucapan Selamat Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran Ke-98. “Terus tingkatkan kapasitas dan kapabilitas personil dan kelembagaan Damkar, stop kebakaran dan stop  pencemaran asap”.

Usai Upacara, Wakil Bupati Siak bersama unsur Forkopimda Siak melihat atraksi pemadaman api yang dilakukan oleh petugas Damkar Siak dan berkesempatan melakukan pemadaman api dengan menggunakan racun api serta melihat kendaraan milik Damkar Kabupaten Siak (Pathmaker Airboats).

Sumber : Bagian Humas Kab. Siak, 31 Maret 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *