oleh

Wabup Siak Kenakan Baju Melayu dan Tanjak Pada Kirab Budaya Satu Dasawarsa JKPI di Solo

SOLO – Kabupaten Siak salah satu dari 66 kabupaten dan kota yang tergabung anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia. Sebelum mengikuti rangkaian kegiatan kongres ke IV sekaligus HUT satu dasawarsa JKPI, Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri M.Si mengikuti kirab budaya di Kota Surakarta Solo.

Dengan menaiki kereta kuda kencana Alfedri mengikuti arakan dari Sriwedari hingga sampai ke Balai Kota Surakarta. Tampak dalam barisan dibelakangnya pakaian adat melayu asal Kabupaten Siak.

“Untuk tahun ini Kota Solo menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Kongres ke IV sekaligus HUT satu dasawarsa JKPI”, kata Alfedri usai mengikuti Kirab Budaya tersebut, Kamis (25/10/2018).

Kirab tersebut diawali dengan atraksi Marching Band Gita Pamong Praja arakan replika Garuda Pancasila dan Paskibraka kemudian disusul rombongan kirab puluhan kereta kuda kencana yang dinaiki oleh deretan Kepala Baerah beserta istri dan dilanjutkan peserta lainnya dengan berjalan kaki.

Dalam Kirab Budaya ini nampak upaya pemerintah Kota dan Kabupaten dalam melestarikan benda-benda cagar budaya di Kota Solo dan daerah lainnya. Ini membuktikan bahwa indonesia kaya akan ragam budaya yang dimiliki dan harus dilestarikan.

“Alhamdulillah untuk Kabupaten Siak sendiri juga turut ikut memeriahkan dan ikut dalam Kirab Budaya ini. Semoga budaya yang ada khususnya adat budaya Melayu Riau Kabupaten Siak bisa lebih dikenal dalam kegiatan ini”, ujar Alfedri

Selain itu dalam kirab budaya tersebu peserta dari Kabupaten dan Kota masing-masing menampilkan adat dan keunikan ciri khas pusaka dari daerahnya.

Sumber : MC Kab. Siak, 25 Oktober 2018

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed