Wakil Bupati Siak Buka Sosialisasi Program JKN-KIS BPJS Kesehatan Kepada Perwakilan PNS

Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Program JKN-KIS BPJS Kesehatan kepada perwakilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Siak yang dilaksanakan di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Rabu(22/3).

BPJS Kesehatan telah menjalankan mandat yang diberikan dalam upaya pemberian pelayanan kepada peserta ataupun masyarakat  dengan melakukan berbagai penyempurnaan mekanisme dalam pemberian pelayanan kesehatan. Salah satu mekanisme pemberian informasi oleh BPJS Kesehatan kepada pihak eksternal dilakukan dengan cara sosialisasi langsung kepada peserta dan masyarakat.

“Alhamdulillah kami diberikan kesempatan bisa langsung bertatap muka dengan para peserta yang teridiri dari PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak sabagai bagian dari tugas kami, untuk kemudian menjelaskan kepada peserta yang hadir terkait bagaimana kemudian program Jaminan Kesehatan Nasional ini dilaksanakan. Itu dikarenakan kami juga sangat menyadari bahwa program ini masih tergolong program baru, walaupun bagi  PNS ini bukanlah program yang baru lagi, tetapi begitu diintegrasikan kedalam sebuah program Jaminan Kesehatan Nasional ada beberapa perubahan yang memang baru dilakukan pada 1 Januari 2014 yang lalu.” Hal tersebut yang diungkapkan oleh Adi Siswandi selaku Kepala BPJS Cabang Dumai.

Adi Siswandi juga menjelaskan salah satu tugas BPJS adalah untuk menjelaskan kembali terkait dengan program Jaminan Kesehatan Nasional serta Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Selain itu menurut dia program ini tergolong program baru, untuk itu harus diintegrasikan karena adanya perubahan yang baru dilakukan. Komitnya Pemda Kabupaten Siak terhadap layanan kesehatan kepada masyarakat sesuai dengan apa yang telah ada pada program BPJS, sebut dia.

“Secara umum program ini telah memberikan manfaat kepada masyarakat serta komitnya Pemkab Siak terhadap adanya BPJS ini. Kami berharap dari adanya kegiatan ini akan memberikan masukan serta saran oleh peserta untuk kemudian kami akan mencarikan solusi atau jalan keluar dan memberikan langkah-langkah terbaik untuk menyelesaikan dimana saja kendala kendala yang dihadapi. Dukungan dari pemkab juga kami harapkan kedepannya,” jelasnya.

Alfedri mengatakan, tentunya Pemerintah Kabupaten Siak sangat menyambut baik terhadap sosialisasi yang diberikan oleh BPJS kepada perwakilan PNS di Kabupaten Siak. Apalagi tentang beberapa perbaikan informasi yang akan diberikan oleh BPJS serta menyangkut tentang PNS yang belum ikut terdaftar.

“Kami menyambut baik dengan adanya kegiatan ini yang justru meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ini juga menjadi suatu komitmen dari pemerintah guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, untuk pelayanan kesehatan pada tahun ini yang boleh dibantu hanya penduduk miskin, sehingga memang selalu diadakan pertemuan dengan tim yang dibentuk setiap pemerintah daerah untuk mengevaluasi kembali terhadap persoalan persoalan kesehatan yang terjadi,” kata Alfedri.

Beliau juga menuturkan, ini merupakan suatu komitmen Pemerintah Kabupaten Siak dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dulunya pemerintah telah memberikan pelayanan yang gratis kepada masyarakat, tetapi dikarenakan adanya Permendagri No 31 tahun 2016, yang boleh dibantu dalam pelayanan kesehatan Pemerintah Daerah hanyalah warga yang tidak mampu ataupun penduduk miskin, sedangkan yang telah dianggarkan dari program bantuan yang bekerja sama dengan BPJS ialah yang sudah menggunakan Jamkesmas lama, berjumlah sekitar kurang lebih 53 Ribu, sedangkan yang nanti dianggarkan dari APBD Kabupaten dan Provinsi ada sekitar 12 ribu yang terdiri 70% anggaran kabupaten dan 30 % anggaran  provinsi . Sementara dari hasil rapat beberapa waktu yang lalu ada persoalan dimana sekitar 4 ribuan yang belum bisa terlayani, itu berkaitan dengan permasalahan data, pungkasnya.

 

Sumber : Bagian Humas dan Protokol, 23 Maret 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *