oleh

Wakil Bupati Siak Resmi Membuka Pelatihan Dan Sertifikasi Pemanduan Wisata

Siak – Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si secara resmi membuka Pelatihan dan Sertifikasi Pemanduan Wisata yang diselenggarakan Hotel Grand Royal, Rabu 11 Juli 2018.

Pelaksanaan pelatihan pemandu wisata ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi calon tenaga kerja di bidang pariwisata serta meningkatkan jejaring industri kepariwisataan dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Siak‎ dengan peserta terdaftar102 orang, namun yang lulus administrasi dan mengikuti tes 90 orang dan lulus seleksi sebanyak 30 orang. Peserta berasal dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak dengan waktu pelaksanaan pelatihan dari tanggal 11 hingga 16 Juli. Instruktur berasal dari rumah guide Jogjakarta sebanyak 5 orang.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Siak menjelaskan, dengan adanya pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata ini merupakan peluang baru untuk para pencari kerja yang ada di Kabupaten Siak dengan mengikuti beberapa tes maupun seleksi pada sebelumnya, sehingga para pemandu yang telah lulus akan diberi pembekalan mengenai pemandu wisata. Ia juga mengharapkan agar para pemandu wisata nantinya juga bisa berbahasa inggris, sehingga nantinya bagi para wisatawan dari mancanegara bisa dimudahkan dalam berbahasa.

“Ini tentunya untuk membuka suatu ruang pekerjaan baru guna mendorong ekonomi rakyat, untuk itu perlunya tenaga profesional dengan adanya guide wisata di Siak ini. Tentunya harus adanya proses pemberdayaan masyarakat dengan adanya pelatihan pelatihan. Harapan saya agar nantinya guide wisata bisa berbahasa inggris. Namun apabila yang masih kurang, haruslah diperbaiki, itu dikarenakan kita sudah masuk destinasi wisata halal sehingga bisa memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan turis dari mancanegara. Selain itu kita sudah masuk program ikon yaitu inovasi kolaborasi nasional, ini akan mendorong daerah dengan seluruh potensi untuk dikembangkan sehingga kita menjadi daya saing dalam pariwisata maupun pengembangan produk lokal”, terangnya.

Alfedri juga mengharapkan kepada peserta yang mengikuti agar serius sehingga apa yang akan disampaikan oleh narasumber bisa menjadi ilmu yang bermanfaat dalam menjadi guide wisata di Kabupaten Siak ini.

Sumber : Humas Kab. Siak, 11 Juli 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed