oleh

Wakil Ketua TP. PKK Kab. Siak Berpesan Agar Program Prioritas PKK di Jalankan

Peran perempuan cukup besar dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia masyarakat Kampung. Melalui program Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) perempuan turut menggerakkan masyarakat dan pembangunan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Siak Hj. Rasyidah Alfedri saat menghadiri acara pelantikan Ketua TP. PKK lima Kampung yaitu TP. PKK Kampung Muara Kelantan, Sungai Selodang, Muara Bungkal, Lubuk Jering dan Teluk Lancang di halaman Kantor Camat Sungai Mandau pada Kamis (22/02/2018).

Beliau berpesan kepada TP. PKK Kampung yang baru dilantik mampu menghidupkan program yang menjadi prioritas PKK yaitu dapat menghidupkan kegiatan Posyandu, Pendirian dan pembinaan PAUD, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia, kemudian pelaksanaan kegiatan PHBS, UP2K, pemanfaatan lahan pekarangan, membentuk kelompok BKB. sebagaimana kita ketahui bersama Kecamatan Mandau masih banyak lahan kosong belum terkelola dengan baik.

“Melalui program PKK pemanfaatan lahan pekarangan, saya ingin TP. PKK Kampung yang sudah dilantik untuk menggerakkan masyarakatnya agar memanfaatkan lahan-lahan yang semak itu, di tanami sayur-sayuran dan tanaman bermanfaat lainnya seperti tanam Jagung, Ubi, Cabe, Kunyit dan lain-lain. Selain tanaman dapat dinikmati hasilnya bersama-sama juga dapat di jual, sehingga uang yang didapat bisa di jadikan Kas, Pesannya.”

Rasyidah Alfedri menambahkan, Dasawisma merupakan ujung tombak dari pada kegiatan PKK yang ada di Kecamatan. Diharapkan kegiatan pokja yang dilakukan dapat menyentuh masyarakat secara luas. Juga kepada Ibu Camat dirinya menghimbau selaku TP. PKK Kecamatan hendaknya dapat membina kader yang baru sehingga program di Kecamatan berjalan.

Kepada tim PKK Kampung ia berharap di dalam menjalankan tugas mampu menjadi partner yang baik bagi bapak penghulu serta dapat bekerjasama, belajar dengan kader yang lama untuk melaksanakan program dan kegiatan dari empat pokja yang ada di PKK. Meskipun kerja kita ini kerja sosial, tidak bergaji tetapi kita memiliki kepuasan tersendiri, bila masyarakat yang kita bina maju dan tumbuh berkembang.

Sementara itu Camat Sungai Mandau Novendra Kasmara mengatakan, melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal telah menganggarkan dana bagi desa, Kepada penghulu Kampung mohon kiranya mendukung dan membantu kegiatan Ketua Tim PKK Kampung yang sifatnya pemberdayaan masyarakat. Sudah saatnya kita menggerakkan masyarakat melalui UMKM yang hasil dari tangan-tangan kreatif masyarakat dapat dijual sehingga mendatangkan penghasilan tambahan bagi masyarakat.

“Saya mengharapkan melalui wadah Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kampung yang baru saja dilantik ibu penghulu ini agar dapat mengembangkan potensi desa yang mereka miliki, baik itu memajukan masyarakat dibidang pertanian dan perkebunan serta usaha kreatif masyarakat dapat dibantu dan terbina”, jelas Novendra.

Pemerintah Kecamatan Sungai Mandau saat ini mendorong masyarakatnya yang mulai beralih di kegiatan usah mikro kecil dan menengah, “Seperti saat ini di mandau ada beberapa kelompok usaha masyarakat dibawah binaan Kecamatan melakukan usaha Penyalaian Ikan Tapah, usaha Madu Sialang yang sudah dikemas dan memiliki lebel, kemudian kerajianan tangan berbahan eceng gondok, usaha keripik pisang dan ubi serta pengelolaan makanan khas Kecamatan Sungai Mandau, terang Novendra.”

Sumber : Humas Kab. Siak, 23 Februari 2018

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed