oleh

WTP Pemkab Siak Jadi Percontohan Oleh Forum SPI-PTN Se-Indonesia

Siak Sri Indrapura (MCS) – Pemerintah Daerah Kabupaten Siak melalui Asisten Adminitrasi Umum Jamaludin menerima rombongan delegasi Forum Satuan Pengawas Internal Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke V tahun 2019, di Gedung Tengku Mahratu Siak, sabtu (06/04/2019).

Selamat Datang di Kabupaten Siak, dan kami merasa terhormat dengan kedatangan peserta delegasi SPI yang menjadikan kota Istana  ‘Siak The Trully Malay’ sebagai tempat gali informasi dan berbagi ilmu kebijakan tata kelola pemerintahan.

Berkunjung ke Kabupaten Siak jadi dasar tujuan para peserta Pertemuan Nasional Forum Satuan Pengawas Internal Perguruan Tinggi Nasional terhadap gali informasi terhadap capaian kinerja Pemkab Siak 7 kali berturut meraih Laporan keuangan wajar tampa pengecualian (WTP) dari BPK RI perwakilan Riau.

“Alhamdulillah, Pemkab Siak sejak tahun 2011-2018 menerima WTP dari BPK, WTP ini sudah menjadi tren di setiap lembaga pemerintah dan swasta,” kata Jamaluddin.

Sementara itu Ketua Forum Satuan Pengawas Internal (SPI) PTN se Indonesia Dr Witars Msi mengatakan, memasuki era Revolusi Industri 4.0, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) semakin dihadapkan pada perkembangan Teknologi Inovasi yang berlandaskan kebijakan publik yang terintegrasi pada seluruh element terkait.

“Kesamaan kita dalam tata kelola Perguran Tinggi dengan Pemerintah Daerah itu hampir sama, ada satuan internal Pemda bernama Inspektorat dan pada Perguruan Tinggi Negeri kami bernama Satuan Pengawas Internal (SPI). Keberadaan SPI langsung di bawah Rektor, yang melakukan tugas dan fungsi pengawasan tata kelola serta proses kebijakan transformasi internal PTN  guna tepat sasaran”, kata Witars.

Tugas pokok SPI adalah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas di semua satuan kerja, baik struktural, fungsional maupun yang non struktural agar dapat berjalan sesuai dengan rencana dan peraturan perundangan yang berlaku.

“Berangkat dari sini lah kami sedikit banyak sudah mengetahui dari sisi laporan keuangan pemkab Siak telah meraih predikat WTP tujuh kali berturut, keberhasilan Siak menjadi motifasi kami. Saya berharap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh indonesi kedepan juga mendapat predikat WTP”,terangnya.

Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) itu menjadi idaman lembaga para pengelola keuangan negara. WTP juga salah satu tolak ukur keberhasilan tata kelola yang baik Pemerintah dan Lembaga (good governance).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed