oleh

Bupati Kayong Utara Kalbar Dukung Sultan Siak II Tengku Buwang Asmara di Usul Sebagai Pahlawan Nasional

Mempura, MC – Bupati Kabupaten Kayong Utara Propinsi Kalimantan Barat Citra Duari beserta kerabat Kesultanan Sukadana Kerja Tanjungpura mendukung penuh Sultan Siak II Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah atau Tengku Buwang Asmara ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

Hal itu terungkap saat rombongan Pemkab Kayong Utara beserta Kaum Kerabat Kesultanan Sukadana berkunjung dan mencari informasi silsilah Keluarga Kerajaan Tengku Akil, Kesultanan Sukadana di Siak Sri Indrapura. Rombongan di sambut Sekretaris Daerah kabupaten Siak, Arfan Usman di Zamrud Room, pada Senin lalu, (5/12/2022).

“Kami atas nama Pemkab Kayong Utara Kalimantan Barat mendukung penuh pengusulan Sultan Siak II Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah atau Tengku Buwang Asmara sebagai pahlawan nasional,”ucapnya.

Ia berharap dengan kunjungan ini akan menemukan informasi terkait silsilah Keluarga Kerajaan Tengku Akil, Kesultanan Sukadana yang memiliki hubungan dengan kesultanan Siak.

“ Kami berniat ingin menyatukan keluarga besar ini karena asal usul Kerajaan Sukadana juga berasal dari Kerajaan Siak,”harapnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menyampaikan kunjungan Bupati Kabupaten Kayong Utara Propinsi Kalimantan Barat dan kerabat Kesultanan Sukadana Kerja Tanjungpura senin lalu, dalam rangka merajut silaturahmi dan mencari informasi silsilah Keluarga Kerajaan Tengku Akil, Kesultanan Sukadana di kabupaten Siak.

“Pertemuan kita kemarin tidak direncanakan namun sangat besar manfaatnya, karena ini pertemuan Kerabat Sultan. Mereka ingin mengetahui silsilah keluarga Tengku Akil dari kesultanan Sukadana berasal dari kerabat Sultan Siak,”ujar Sekda Arfan di temui di Siak Sri Indrapura, Rabu (7/12/2022).

Arfan juga mengapresiasi Bupati Kayong Utara yang mendukung pemkab Siak mengusulkan Tengku Buwang Asmara sebagai pahlawan nasional.

“Kita mengucapkan terimakasih Bupati Citra Duari mendukung mengusulkan Tengku Buwang Asmara Sultan Siak II sebagai Pahlawan Nasional mudah mudahan segera terwujud,”tutupnya.