oleh

Bupati Siak Kukuhkan Saka Wira Kartika Kodim 0322 Siak

Siak Sri Indrapura, MC – Bupati Siak Alfedri mengukuhkan pengurus Pramuka Satuan Karya (Saka) Wira Sartika Kodim 0322/Siak Masa Bakti 2022-2023. Pengukuhan itu dilakukan amanah undang-undang gerakan pramuka nomor 10 tahun 2012.

“Selamat kepada kak Dandim beserta seluruh jajaran yang baru saja dikukuhkan. Sekaligus kami mengapresiasi kak Dandim yang telah menginisiasi dan mengusulkan pembentukan Saka Wira Kartika ini kepada Kwarcab Gerakan Pramuka 09 Siak” ucapnya di halaman Makodim 0322/Siak, Rabu (28/9/2022).

Bupati Alfedri menjelaskan, sesuai Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Gerakan Pramuka. Gerakan pramuka adalah solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur.

“Yang paling penting adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang mengamanahkan bahwa untuk pendidikan karakter anak generasi penerus bangsa para peserta didik kita di mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi dan dari tingkatan siaga hingga pandega diamanahkan kepada gerakan pramuka” sebutnya.

Lebih lanjut Bupati Alfedri menambahkan, kurikulum pendidikan saat ini tidak seperti zaman dahulu, dimana di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) belajar sopan santun, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Pendidikan Muara Pancasila (PMP) untuk pembinaan karakter akhlak.

Menurutnya, tidak ada mata pelajaran khusus seperti dahulu. Untuk itu, pramuka ini merupakan ekstra kulikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik dengan capaian nilai minimal B.

“Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sedang mengupayakan kembali pendidikan muara pancasila, dan dipersiapkan kurikulumnya bagian dari kebijakan merdeka belajar. Intinya bagaimana anak-anak penerus bangsa ini mempunyai akhlak. Karena pendidikan itu sendiri adalah proses transformasi ilmu pendidikan, agar anak-anak peserta didik mencapai tujuan yang diharapkan terbentuk, terbina, baik dari sisi kognitif, afektif, dan psikomotoriknya” ujarnya.

Senada disampaikan Dandim 0322/Siak M Faisal Effendi dengan pelantikan pengurus Pramuka Saka Wira Sartika Kodim 0322/Siak ini, menjadi upaya memantapkan organisasi, sistem manajemen, dan sumber daya. Yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat cabang kabupaten Siak.

Dijelaskan Dandim Faisal, gerakan pramuka adalah solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur, sehingga pemuda yang berjiwa nasional akan terwujud. Para pramuka diharapkan dapat menginisiasi kegiatan-kegiatan kreatif, yang membuat para peserta tetap bersemangat mengikuti latihan kepramukaan.

“Pesan saya untuk adik-adik, jadilah pramuka yang berada selalu di depan dalam apapun profesi mu. Dengan begitu, secara tidak langsung kita akan mengangkat derajat pramuka sehingga generasi muda menjadi seorang pramuka yang dapat dibanggakan” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Siak Husni Merza, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Asisten Adum Setda Kabupaten Siak Jamaluddin, Unsur Forkopimda, Para Camat serta Pimpinan OPD terkait.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed