oleh

Gerakan Insting PKK Siak, Upaya Menurunkan Angka Stunting

Siak, MC – Upaya mencegah penyakit stunting merupakan tanggung jawab bersama. Sebagaimana Pemerintah Kabupaten Siak yang memiliki komitmen kuat dalam pencegahan stunting dengan cepat. Inilah yang menjadi motivasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak untuk memberikan makanan tambahan dan vitamin kepada balita penderita stunting di kecamatan Siak.

Seperti yang dilakukan oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Siak Dra Hj. Rasidah Alfedri, mendatangi langsung rumah balita penderita stunting dan memberikan susu formula (pediasure), vitamin dan makanan tambahan, di Kampung Langkai, kecamatan Siak, Sabtu (15/10/2022).

Pagi itu Rasidah tidak sendirian, ia ditemani oleh pengurus PKK lainnya serta bidan pendamping kampung. Dan sebelumnya pada Jumat sore bersama ketua Pokja I PKK Ananda Laila Putri di Lanjung, kecamatan Siak. Meski sore itu hujan deras, ibu-ibu PKK Kabupaten Siak tetap semangat mendatangi rumah balita stunting.

Ida sapaan akrabnya menyampaikan, pemberian bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PKK Siak terhadap gizi dan tumbuh kembang anak di Siak khususnya penderita stunting.

“Hari ini kami memberikan makanan tambahan dan vitamin kepada balita stunting yang mana anggarannya dari tabungan/celengan sedekah subuh pengurus PKK Kabupaten Siak,” ujarnya.

Kegiatan pemberian makanan tambahan ini bertujuan juga untuk membiasakan anak-anak memakan makanan bergizi, agar pertumbuhan mereka di masa depan dapat menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas.

“Kegiatan ini kami beri nama Gerakan Insting PKK singkatan dari Ibu Asuh Anak Stunting, dan tahun ini empat balita yang kami bantu,” jelas Alumnus FISIP UNRI ini.

Lanjutnya, bantuan itu terdiri dari susu formula berprotein tinggi, biskuit coklat dari ikan gabus, telur ayam dan vitamin. Bantuan ini diberikan setiap 10 hari sekali selama 3 bulan, dan selanjutnya, nanti dilihat pertumbuhan dan gizi dari balita tersebut.

Rasidah selaku Wakil Ketua Tim Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Siak, mengajak pengurus PKK Kecamatan dan Kampung untuk melakukan hal yang sama, agar Siak bisa terbebas dari stunting.

Sementara itu, orang tua dari balita stunting, Fitri mengaku bersyukur karena dapat bantuan, sebab pihaknya bisa mengetahui jenis makanan yang bergizi untuk anaknya.

“Terimakasih atas bantuan dari PKK Siak, mudah-mudahan dengan makanan tambahan dan vitamin ini, anak saya bisa lepas dari stunting,” harapnya.

Dipilihya susu formula Pediasure, karena salah satu merek susu yang direkomendasikan dokter spesialis anak, sesuai dengan Pangan Khusus Medis Khusus (PKMK), dan ada di Siak, serta kandungan formulanya tinggi protein dan tinggi kalori. Selain itu biskuit coklat dari tepung ikan gabus merupakan olahan dan inovasi dari PT Alam Siak Lestari (ASL).

Nama-nama penerima bantuan yakni, Yumna Najla Ahmad umur 22 bulan, Muhammad Zayn Alfatih umur 21 bulan beralamat di Lanjung Kampung Rawang Air Putih. Kemudian Diki Alfarizki umur 16 bulan warga Dusun I RT 01 RW 01 Kampung Langkai, Suci Amelia umur 15 bulan warga Dusun II RT 05 RW 02 Kampung Langkai, Siak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed