oleh

Husni Merza : Silat Pangean Warisan Budaya Tak Benda Harus Dilestarikan

Minas – Wakil Bupati Siak, Husni Merza menghadiri acara Pemotian Laman Pencak Silat Pendekar AMAN yang bertempat di Balai Silat Pendekar AMAN Dusun Lukut KM 10, Kampung Minas Timur, Minggu (3/10/21).

Husni mengatakan, semoga Silat Pangean sebagai salah satu pencak silat tradisi Melayu ini tetap lestari sebagai salah satu heritage atau warisan pusaka budaya Melayu yang tak lekang oleh zaman.

Husni Merza menambahkan bahwa pencak silat tradisi Melayu merupakan warisan tak benda yang harus dilestarikan termasuk Khatib Beghanyut.

“Sebab silat Pangean ini, masuk kedalam salah satu warisan budaya tidak benda, yang diputuskan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan pada tahun 2018 lalu. Namun, dikarenakan Silat Pangean ini berasal dari Pangean maka kesenian ini dianggap dari Kuansing, walupun hidup dan berkembang di Siak dan Pelalawan,” kata Husni.

Pada kesempatan kali ini, Wakil Bupati Husni Merza bertemu dengan H Saidi Marjohan yang merupakan pendekar Malin Kuning ke IV yang juga guru besar Pencak Silat Pangean.

Pada kesempatan Husni Merza memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas nama pemerintah Kabupaten Siak, dan juga mengucapkan selamat kepada anak-anak laman yang telah keluar sebagai pendekar-pendekar baru dalam perhelatan ini.

Pada Acara tersebut turut hadir Hadir Ketua LAM Siak Datuk Seri H Wan Said, Wakil Bupati Siak H Husni Merza BBA MM, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Siak Androy Ade Riandra, Camat Minas H Hendra Adi Nugraha, PJ Penghulu Minas Timur Hj Elfira S Sos. ( @ProkopimHumasSiak )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed