oleh

Lewat Pawai Budaya, Tenun dan Batik Siak Go Nasional

Palembang, MC – Pawai Budaya yang digelar dalam rangka kegiatan Rapat Kerja Nasional Jaringan Kota Pusaka Indonesia (Rakernas JKPI) Tahun 2022 yang dilaksanakan di Tepian Sungai Musi Jembatan Ampera, Kota Palembang Sumatera Selatan berlangsung meriah.

Delegasi Kabupaten Siak yang diramaikan sejumlah pimpinan OPD, Penghulu dan Lurah, Sanggar Tari, dan Bujang Dara Siak tampil memukau mengiringi tarian yang memamerkan keindahan Tenun dan Batik Siak kepada seluruh delegasi yang berdatangan dari seluruh Indonesia.

Dari pantauan lapangan, selain menampilkan tarian dengan properti tenun dan batik Siak, iring-iringan pawai budaya Kabupaten Siak juga menampilkan pakaian adat tradisional dan kreasi busana oleh bujang dara Kabupaten Siak. Selain itu, rombongan penghulu dan lurah menyalakan lampu smartphone masing-masing saat melewati podium tamu VIP, sehingga menyemarakkan barisan pawai pada malam itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Mahadar menjelaskan, Siak Sri Indrapura sebuah Kota Pusaka di Provinsi Riau yang memiliki kekayaan budaya yang beraneka ragam. Budaya yang bernilai tinggi tersebut menjadi kebanggaan masyarakat Negeri Istana, dan salah satunya telah menjadi warisan budaya sejak dahulu yaitu Tenun Siak.

Selain Tenun Siak, Mahadar juga menyebut saat ini Pemerintah Kabupaten Siak bersama Dekranasda Kabupaten Siak tengah menggalakan kain Batik Siak dengan beragam corak dan motif yang sarat dengan nilai-nilai kearifan lokal. Kehadiran Batik Siak pada saat ini kata dia, semakin menambah kekayaan khasanah kebudayaan di Kabupaten Siak.

“Pada pawai budaya kali ini, Kabupaten Siak menampilkan tarian dengan properti Tenun dan Batik Siak, tujuannya untuk memperkenalkan kekayaan warisan budaya Siak yaitu tenun dan batik Siak dengan motif dan ragam yang berbeda-beda, dimana masing-masing ragam memiliki arti, makna dan filosofinya tersendiri” kata Mahadar usai kegiatan, Kamis (3/11/22).

Dipilihnya Tenun dan Batik Siak sebagai ikon utama yang ingin ditampilkan dalam iring-iringan pawai budaya Kabupaten Siak kali ini kata dia, sesuai dengan arahan Bupati Siak Alfedri yang meminta seluruh pihak terlibat dalam kegiatan Rakernas JKPI kali ini fokus memperkenalkan Tenun dan Batik Siak kepada seluruh undangan dan delegasi yang hadir.

“Tema Pawai Budaya yang kita angkat sesuai dengan arahan bapak bupati adalah Eksplorasi Tenun dan Batik Siak. Sejalan dengan ikon utama yang dipamerkan oleh OPD terkait yang berkolaborasi dengan Dekranasda pada stand bazar Kabupaten Siak dalam kegiatan ini” jelasnya.

Pawai Budaya Rakernas JKPI Tahun 2022 ini sebutnya, selain melibatkan penghulu dan lurah serta pimpinan OPD, juga dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Husni Merza, dan disambut Bupati Siak Alfedri bersama Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri dan Wakil Ketua TP PKK Ananda Laila Putri, serta Wakil Ketua DPRD Fairuz yang mendampingi Walikota Palembang Harnojoyo dan istri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed