oleh

Perdana di Siak, Bujang Kampung Salurkan BLT BBM di Minas Barat

Minas, MC – Wakil Bupati Siak Husni Merza menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM perdana di Kabupaten Siak, tepatnya di Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, di program Bupati Kerja dan Ngantor (Bujang) Kampung.

Bujang Kampung ini, kata Husni, salah satu inovasi bagaimana mendekatkan pelayanan kepada warga masyarakat di kampung.

”Kami hadir di tengah-tengah bapak ibu, ingin mempermudah warga dalam pengurusan Adm. Jika dari Minas ini hanya sekedar mengurus KTP ke Dinas yang letaknya di ibu kota kabupaten, tentulah terasa berat, untuk itu melalui bujang Kampung ini kami menghadirkan mendekatkan pelayanan”, jelas Wabup Siak Husni Merza, Jum’at (9/9/2022).

Pada kesempatan itu, Wabup Husni menyampaikan terkait naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) pemerintah tetap mensubsidi masyarakat yang terdampak seperti warga masuk dalam kelompok Program Keluarga Harapan (PKH) salah satunya, melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM.

“Alhamdulillah, melalui program Bujang Kampung hari ini, perdana masyarakat Minas barat menerima BLT BBM. Penyaluran BLT BBM ini dari Pemerintah Pusat akan disalurkan melalui Kantor POS, jadi bukan melalui Pemerintah Daerah. Penerima BLT silakan nanti mengambil langsung di kantor POS masing-masing Daerah”, jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak Wan Idris mengatakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM merupakan program Pemerintah Pusat, dan menunjuk PT. POS Indonesia sebagai tempat untuk mengambil BLT BBM.

“Untuk di Kabupaten Siak, Dinas Sosial Kabupaten Siak ditunjuk untuk mendampingi dan memfasilitasi Kantor POS dalam mencairkan dana BLT tersebut. Senin kemarin, kami juga telah melaksanakan rapat bersama pihak pos terkait penyaluran BLT BBM di Kabupaten Siak”, kata Wan Idris.

Di Kabupaten Siak sendiri, sambungnya, jumlah penerima BLT BBM sebanyak 16.409 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dan akan diserahkan 2 tahap, yakni tahap pertama bulan September dan Oktober, tahap kedua bulan November dan Desember. Setiap bulannya penerima BLT BBM akan mendapatkan 150.000.

“Alhamdulillah, di Provinsi Riau, Kabupaten Siak merupakan Kabupaten pertama yang telah menyalurkan BLT BBM tahap pertama kepada masyarakat. Kita minta perdana di mulai di Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, dalam program Bujang Kampung hari ini.Selain penyaluran BLT BBM, kita juga menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serentak dilaksanakan, dan juga menunjuk PT. POS Indonesia sebagai tempat untuk penyaluran, yang berjumlah 200.000,”urainya.

Selain itu kata dia, penerima BLT BBM juga akan mendapatkan penyaluran BPNT. Sehingga total yang diterima oleh KPM sebanyak 500.000. Ia menargetkan dalam waktu satu minggu kedepan, BLT BBM di Kabupaten Siak sudah tersalurkan semua.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed