oleh

Peringatan Hari Pahlawan Momentum Perkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Siak, MC – Pemerintah Kabupaten Siak menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke- 58 di Lapangan Tugu Depan Istana Siak, Kamis (10/11/22).

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pahlawan Bupati Siak Alfedri dan Komandan Upacara Lettu Arhanud Jonson Tua Nenggolan. Dihadiri Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Unsur Forkopimda, Asisten, Pimpinan Instansi Vertikal dan Legiun Veteran. Upacara diikuti personel TNI/POLRI, Satpol PP dan Perwakilan ASN.

Dalam amanatnya, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang dibacakan Bupati Siak Alfedri, mengharapkan Peringatan Hari Pahlawan ini dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa. Untuk terus bersatu, dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” sebutnya.

Lebih lanjut, Peringatan HPN tahun ini mengusungan tema “Pahlawanku Teladanku”, ia mengajak bersama untuk mengenang dan menghormati perjuangan para Pahlawan, bersama membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat implementasikan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan. Serta bersama perkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang merupakan Amanat Pahlawan Bangsa.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah,” ujarnya.

“Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa–masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022” tambahnya.

Begitu juga dengan memperingati HKN ke-58 kali ini ,Bupati Alfedri berharap agar dapat dijadikan sebagai momentum untuk mewujudkan sistem kesehatan Nasional yang lebih kuat. Yang akan mampu menghadapi goncangan seperti Pandemi Covid-19 yang baru saja kita alami.

“Semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 ini menjadi awal pulihnya lapisan masyarakat, sehingga bisa kembali sehat dan kembali tumbuh. Saya berharap rangkaian kegiatan dalam memperingati HKN berfokus dengan hidup bersih dan sehat, membuat generasi kita kedepan menjadi SDM yang berkualitas untuk daerah, bangsa dan negara,” ucapnya.

Sempena peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58, Bupati Siak Alfedri juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada Perawat teladan terbaik, Apoteker terbaik, Pensiunan ASN Dinkes Siak, Pemenang lomba posyandu terbaik, Pesantren sehat, Kampung/Kelurahan Ber-PHBS, Kelompok asuhan mandiri tanaman obat dan akupresur kriteria desa dan perkotaan, Kader posyandu dengan masa pengabdian lebih dari 20 tahun, serta sertifikat untuk desa stop buang air sembarangan.

Usai gelaran Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 dan HKN ke-58, dilanjutkan dengan Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed