oleh

Perpanjang Kerjasama, Bupati Siak dan Tanoto Foundation Tandatangani MoU

Mempura – Pemerintah Kabupaten Siak termasuk kabupaten mitra Tanoto Foundation yang terbilang sukses mendorong peningkatan kualitas pendidikan selama ini. Apresiasi tersebut disampaikan oleh Direktur Pendidikan Dasar Yayasan Bhakti Tanoto Foundation M Ari Widowati ketika memberikan sambutan dalam rangka penandatanganan MoU antara Tanoto Foundation dengan Bupati Siak, di ruang rapat Bupati Siak, Selasa, (25/01/2022).

“Tanoto Foundation sangat bersyukur karena boleh memperbaharui kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Siak yang sudah terbukti sangat mendukung pendidikan berkualitas untuk masyarakat Siak,” ujarnya.

Menurutnya, saling sinergi antara Tanoto Foundation dengan Pemerintah Kabupaten Siak itu telah berlangsung cukup lama dengan jalinan hubungan yang cukup erat.

“Hari ini saya catat sebagai hari yang bersejarah karena Tanoto Foundation telah ada di Siak sejak tahun 2010. Jadi, telah bermitra sudah cukup lama dengan hubungan yang erat,” tambahnya.

Pada tahap awal, Tanoto Foundation membantu pemerintah dengan program bagaimana memodelkan praktik baik dalam pembelajaran yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan serta Kementerian Agama maupun sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Siak.

“Untuk saat ini, Tanoto Foundation bersiap untuk melangkah lebih lanjut untuk bisa lebih banyak berkontribusi atau membantu pemerintah dalam program perencanaan bagi pendidikan yang berkualitas,” tukasnya.

Dalam akhir sambutannya, M Ari Widowati berharap dengan perpanjangan kerjasama ini hubungan dengan Pemerintah Siak lebih meningkat.

“Dengan adanya MoU ini kita betul betul menjadi “suami istri” yang lebih baik lagi dan lebih bisa berkontribusi bagi pendidikan berkualitas di Indonesia.

Tanoto Foundation yang didirikan oleh Sukanto Tanoto percaya bahwa pendidikan berkualitas akan mempercepat kesetaraan mendapatkan peluang dan ini hanya bisa tercapai jika ada kemitraan antara swasta dengan pemerintah daerah. Pemerintah daerah adalah kunci terciptanya pendidikan berkualitas.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sementara itu, Bupati Siak H. Alfedri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap kontribusi Tanoto Foundation yang telah cukup lama berkiprah di Kabupaten Siak. Dukungan yang masih terasa saat ini adalah terbangunnya portal Siak Bedalau yang menjadi sumber pembelajaran daring dimasa pandemi hingga saat ini.

“Disaat kita diperhadapkan oleh bencana alam berupa pandemi Covid 19, Dinas Pendidikan maupun sekolah-sekolah di Siak baik SD, SMP maupun sederajat sangat terbantu dengan adanya portal Siak Bedelau yang diluncurkan,”.

Alfedri menambahkan, jauh sebelum pandemi, lembaga filantropi tersebut sudah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kapasitas tenaga kependidikan, mulai dari guru, kepala sekolah, pengawas, dan penyediaan sekolah model.

“Diharapkan sekolah sekolah model tersebut bisa menjadi sumber transfer pengetahuan yang bisa dikembangkan bagi sekolah sekolah lainnya di Kabupaten Siak,” harapnya.

Pemerintah Kabupaten Siak juga mengapresiasi atas sinergi untuk mencapai target SDGs yaitu pendidikan berkualitas yang program-program strategisnya telah tertuang dalam RPJMD tahun 2021-2026. Selain itu, Alfedri juga menyambut baik atas diluncurkannya aplikasi pelatihan mandiri E- PINTAR yang bertujuan untuk semakin meningkatkan kualitas para tenaga guru maupun tenaga kependidikan lainnya yang bisa dijangkau setiap saat.

“Guru dan tenaga kependidikan lainnya setelah mengikuti pelatihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan mengajar yang lebih baik sehingga anak didik kita mendapatkan pembelajaran yang baik sehingga mereka mampu bersaing dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Selain peningkatan mutu pendidikan, Bupati Siak juga menyambut rencana kolaborasi program Tanoto Foundation dalam mengurangi angka stunting di Kabupaten Siak. Menurut Bupati Siak, harapan untuk menurunkan angka stunting dari 17 persen yang tertuang dalam RPJMD bisa turun dibawah 13 persen.

“Ini memerlukan kolaborasi dengan berbagai pihak, diantaranya lembaga Filantropi Tanoto Foundation,” harapnya.

Turut hadir dalam penandatanganan tersebut diantaranya Wakil Bupati Siak Husni Merza, Sekretaris Daerah Siak Arfan Usman, Asisten Pemerintahan Budhi Yuwono, Plt Kepala Dinas Pendidikan, serta Pejabat dari kementerian Agama Siak. Sementara itu dari Tanoto Foundation hadir Koordinator Provinsi Riau Dendi Satria Buana, Manajer Government Relation Reza Anggara, Government Relation TF Riau Nurul Hasanah, Communication Specialist Baharuddin Makkutana, dan DC Siak Sri Wahyuni.

Akses Informasi lainnya :

web.siakkab.go.id
www.mediacenter.siakkab.go.id
www.diskominfo.siakkab.go.id

Instagram @diskominfosiak
Fanpage @diskominfosiak
YouTube Diskominfo Siak Official
Email kominfo@siakkab.go.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed