oleh

Seminar Nasional Tengku Buwang Asmara Panitia Undang 2000 Peserta Via Zoom dan Tatap Muka

Siak, MC – Pemkab Siak dalam waktu dekat akan menggelar seminar nasional dalam rangka pengusulan Sultan Siak II Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah (Tengku Buwang Asmara) sebagai pahlawan nasional.

Seminar nasional tersebut digelar 13 Desember mendatang di Gedung Daerah. Pemkab Siak sendiri saat ini tengah melakukan persiapan acara seminar dan rangkaian acara pendamping kegiatan Seminar Nasional.

Menurut rencana Pemkab Siak akan mengundang 1000 tamu tatap muka, sesuai dengan kapasitas Gedung Daerah dan panitia juga mengundang 1000 para peserta luar daerah mengikuti secara virtual melalui link zoom metting yang disediakan panitia.

“Mari kita sukseskan seminar nasional pengusulan Tengku Buwang Asmara sebagai pahlawan nasional. Tidak hanya OPD saja yang terlibat mendukung, namun para camat dan penghulu saya minta turut terlibat dan berpartisipasi mensosialisasikan Sultan Siak ke II ini,”ucap Bupati Siak Alfedri saat pimpin rapat persiapan seminar nasional, pengusulan Tengku Buwang Asmara menjadi Pahlawan Nasional, di Zamrud Room, Rabu, (07/12/2022).

Sesuai dengan SURAT EDARAN BUPATI nomor 003.1/DINSOS/708 tanggal 30 Nopember 2022, Bupati Alfedri juga mengharapkan partisipasi para Kepala OPD, Instansi vertikal, BUMD dan seluruh potensi masyarakat untuk memasang baliho mendukung pengusulan Calon Pahlawan Nasional Tengku Buang Asmara.

“Saya minta OPD cetak banner ukuran 100 cm x 100 cm nanti kita bagikan kepada masyarakat lingkup kabupaten Siak. Termasuk juga kita menyediakan barcode materi seminar yang langsung pada saat itu, bisa di download para tamu dan peserta seminar,”ungkapnya.

Bupati Alfedri juga minta mengundang para pakar sejarah nasional dan Riau, penulis buku dan wartawan budaya dan sejarah di Riau yang harapkan melalui seminar nasional mereka bisa menyampaikan saran, masukan dan rekomendasi yang bisa nantinya di jadikan pertimbangan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) kabupaten Siak.

“Ini penting, mereka harus kita undang, ya kita berharap para ahli, pakar untuk memberi masukan, pemikiran yang konstruktif. Yang nanti bisa menjadi rekomendasi kita. Termasuk kita akan mengundang tokoh masyarakat, Riau dan Siak termasuk para akademisi,”kata dia.

Wakil Bupati Siak Husni Merza yang juga hadir pada malam itu, juga meminta Disdikbud mengundang seluruh guru sejarah di bawah dinas pendidikan.

“Guru sejarah harus hadir, bagaimana dia cerita sosok Tengku Buwang Asmara calon Pahlawan Nasional kepada muridnya, dia saja tak paham sejarahnya. Maka ini, ini penting,”tegas Wabup Husni.