oleh

Sidang Paripurna Istimewa Peringati HUT Kabupaten Siak ke-23, Bupati Alfedri Sampaikan Sejumlah Capaian

Siak Sri Indrapura, MC – Memperingati hari jadi ke-23 kabupaten siak tahun 2022, pemerintah kabupaten Siak mengelar Rapat Paripurna istimewa, acara berlangsung di Ruang Rapat Putri Kacamayang DPRD Kabupaten Siak. Bupati Siak Alfedri dalam sambutannya, bersyukur karena tepat hari ini Rabu 12 Oktober 2022, Kabupaten Siak telah berusia 23 tahun.

“Alhamdulillah, sebagai salah satu Kabupaten yang dimekarkan melalui Undang-undang Nomor 53 Tahun 1999 pada tanggal 12 Oktober 1999 pemekaran dari Kabupaten Bengkalis. Di Usia 23 tahun ini, tentunya dipandang sebagai usia yang mulai matang untuk dapat lebih mandiri dalam menghadapi permasalahan dan tantangan kedepannya”, ucap Alfedri di Gedung Panglima Gimbam, Rabu (12/10/2022).

Bupati Siak Alfedri juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para tokoh yang telah berjasa dalam mendirikan Kabupaten Siak. Sehingga sebagai daerah otonom baru, terus mengalami kemajuan.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Siak, kami mengucapkan terimakasih kepada para tokoh pendiri Kabupaten Siak perjuangannya dalam mendirikan Kabupaten Siak, juga juga kepada para pemimpin terdahulu. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan, pahala yang besar dan diberikan kekuatan iman lahir dan bathin”, doa Bupati Alfedri.

Kemudian, Alfedri juga mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas telah Berpulangnya Salah Satu tokoh Pendiri Kabupaten Siak Bapak H. Azaly Johan.

“Semoga Allah Subhanahu Wata’ala Mengampunkan Dosanya dan mendapatkan tempat yang layak di sisi Nya. Amiin”, ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Alfedri juga menyampaikan menyampaikan hasil pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Siak yang telah dicapai, ditinjau dari capaian-capaian indikator makro maupun mikro diantaranya.

“Pertama, Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Siak tahun 2021 telah mencapai angka 73,98 meningkat sebesar 0,30 persen dari tahun 2020 sebesar 73,68. Angka IPM Kabupaten Siak ini masih tetap menduduki peringkat tertinggi ketiga di Provinsi Riau setelah Kota pekanbaru dan Kota Dumai”, jelasnya.

Yang kedua yakni Pembangunan Ekonomi, meskipun stabilatas perekonomian terganggu akibat pandemi Covid-19, Nilai PDRB Kabupaten Siak Atas Dasar Harga Berlaku pada tahun 2021 mencapai 89,85 triliun rupiah. Secara nominal, nilai PDRB ini mengalami peningkatan sebesar 12,82 triliun rupiah dibandingkan dengan tahun 2020 mencapai Rp 77,04 triliun.

“Yang ketiga pembangunan infrastruktur, untuk meningkatkan panjang jalan dalam keadaan mantap, Pemerintah Kabupaten Siak terus berusaha dengan kemampuan keuangan yang terbatas secara bertahap membenahi jalan antar kampung. Sampai dengan tahun 2021 jalan dalam kondisi mantap saat ini sepanjang 1.378,97 km.

Gubernur Provinsi Riau Syamsuar mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Siak ke-23 tahun 2022.

“Alhamdulillah tahun ini kita masih bisa menyambut hari jadi Kabupaten Siak ke 23 tahun 2022 dengan penuh semangat”, kata Syamsuar.

Dengan adanya capaian-capaian prestasi Kabupaten Siak baik di Provinsi maupun di tingkat Nasional, tentunya akan menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik kedepannya.

“Karena kedepannya tantangan kita masih ada, terutama yang berkaitan dengan ekonomi, inflasi, ketahanan pangan dan lain-lain”, jelas mantan Bupati Siak itu.

Oleh karena itu, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Siak (Bupati Siak) telah menyiapkan program-program terbaiknya, agar bisa menghadapi tantangan tersebut.

“Saya berharap kedepannya ekonomi Kabupaten Siak terus membaik dan juga banyak pembangunan yang akan dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Siak kedepannya. Selamat Hari Jadi Kabupaten Siak ke-23 tahun 2022, semoga Kabupaten Siak semakin sukses dan semakin maju kedepannya”, tutup orang nomor satu di Riau itu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed