oleh

Wakili Kabupaten Siak, SMPN 5 Kecamatan Kerinci Kanan Raih Adiwiyata Mandiri Tahun 2022

Jakarta, MC – Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman menghadiri Acara penyerahan Penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional tahun 2022, di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Pada penyerahan penghargaan tersebut, SMPN 5 Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, berhasil meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2022.

Dalam kesempatan ini, Sekda Siak Arfan Usman mengucapkan selamat kepada SMPN 5 Kerinci Kanan atas penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2022.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, kami mengucapkan selamat atas penghargaan yang telah diraih oleh SMPN 5 Kerinci Kanan dan merupakan satu-satunya perwakilan sekolah yang meraih Adiwiyata Mandiri tahun 2022 di Kabupaten Siak”, kata Arfan.

Arfan menambahkan, SMPN 5 Kecamatan Kerinci Kanan ini, merupakan sekolah ke 4 di Kabupaten Siak yang telah meraih Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

“Dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda beberapa tahun terakhir, kemungkinan sekolah lain di Kabupaten Siak terkendala dalam melaksanakan program-program yang akan dinilai oleh tim penilai dari KLHK. Oleh karena itu, hanya SMPN 5 Kecamatan Kerinci Kanan yang mewakili Kabupaten di tahun 2022 ini”, ujarnya.

Sekda Siak tersebut juga berharap agar penghargaan yang diraih oleh SMPN 5 Kecamatan Kerinci Kanan, menjadi motivasi bagi sekolah lain yang ada di Kabupaten Siak.

“Saya berharap, prestasi yang diraih oleh SMPN 5 Kerinci Kanan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2022, bisa menjadikan motivasi bagi sekolah lainnya yang ada di Kabupaten”, pinta Sekda Arfan.

Kepala Sekolah SMPN 5 Kecamatan Kerinci Kanan Herlin Widiawati mengaku sangat senang karena sekolah yang ia pimpin bisa mendapatkan Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2022.

“Alhamdulillah saya sangat senang dan ini merupakan suprise bagi saya. Meskipun sempat terhenti dikarenakan Pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, akan tetapi semenjak pembelajaran tatap muka dilaksanakan, kami terus berupaya untuk melaksanakan rencana aksi kami yakni dalam pendidikan lingkungan hidup”, jelas Herlin.

Kepala Sekolah SMPN 5 Kecamatan Kerinci Kanan itu menambahkan, rencana aksi didalam pendidikan lingkungan hidup terbagi didalam dan diluar sekolah (dilingkungan masyarakat).

“Untuk didalam sekolah, kami membiasakan peserta didik untuk melaksanakan pendidikan lingkungan hidup baik di pengolahan sampah, membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi sampah dengan memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Ada peserta didik kami yang berinovasi menjadikan sampah tersebut menjadi Ekoenzim, dan membuat briket dari sampah”, ungkapnya.

Selain itu, masih kata Herlin, untuk dilingkungan masyarakat, para peserta didik juga membagikan keranjang belanja kepada masyarakat sekitar yang bertujuan untuk mengurangi sampah plastik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed